Pengaruh Perceived Value dan Harga Terhadap Minat Belangganan Spotify Premium Yang Dimoderasi Oleh Usia Pengguna

Authors

  • Noi Gitas Syahlita Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Wina Driyan Pradana Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i4.1215

Keywords:

Price, Perceived Value, Purchase Intention, User Age

Abstract

This study aims to determine the effect of perceived value and price on interest in subscribing to Spotify Premium in Indonesia and to test the moderating effect of user age on the model. This study uses a quantitative approach with a non-probability sampling technique (purposive sampling method), involving a total of 118 respondents from Spotify Premium users in Indonesia who belong to the millennial generation and generation Z. For data analysis, this study uses SmartPLS software version 4. The results showed that the variables of perceived value and price can influence the interest in subscribing to Spotify Premium, and the variable of user age (millennial generation and generation Z) can moderate the relationship between the three variables.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ab Hamid, M. R., Sami, W., & Mohmad Sidek, M. H. (2017). Discriminant validity assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT criterion. Journal of Physics: Conference Series, 890(1).

Adnan, A. F., & Putri, M. R. D. (2023). Pertumbuhan konsumsi musik daring di Indonesia tinggi. Antara. Diakses pada 20 Juni 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/3599094/pertumbuhan-konsumsi-musik-daring-di-indonesia-tinggi

Agista, F. (2022). Pengaruh electronic word of mouth (EWOM) dan perceived value terhadap purchase intention melalui brand image sebagai variabel intervening pada layanan streaming Netflix. Journal Advancement Center for Finance and Accounting, 2(03), 282–306.

Agustin, N., & Amron. (2022). Pengaruh influencer marketing dan persepsi harga terhadap minat beli skincare pada TikTok Shop. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(1).

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118.

Cahyono, E. T. (2022). Kepemimpinan efektif bagi generasi milenial. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 641.

Chaidir, T., Ro’is, I., & Jufri, A. (2021). Penggunaan aplikasi mobile banking pada bank konvensional dan bank syariah di Nusa Tenggara Barat: Pembuktian model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Elastisitas (Jurnal Ekonomi Pembangunan), 3(1).

Damayanti, R. W., & Handayani, M. (2023). Pengaruh live streaming terhadap customer churn pada TikTok Shop: A stimulus-organism-response framework. Strata Business Review, 1(2), 222–230.

Dwi Imanita, N., & Aziz, F. (2023). Pengaruh perceived value terhadap minat menggunakan Spotify Premium di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 10(1), 317.

Fadhilla, H. N., & Astuti, M. E. (2022). The influences of green packaging and ecolabel toward green purchase intention. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 6(2), 30–36.

Fadilah, M. N., Indriwan, N., Khoirunnisa, N., & Mulyantini, S. (2022). Review faktor penentu keputusan investasi pada generasi Z & milenial. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 17–29.

Farthurrozak. (2023). Tidak lebih dari 1% warga Indonesia yang langganan streaming musik. Media Indonesia. Diakses pada 30 Juni 2024, dari https://mediaindonesia.com/teknologi/592005/tidak-lebih-dari-1-warga-indonesia-yang-langganan-streaming-musik

Faulina, A., Surya Dewi, R., & Arif, E. (2021). Fenomena online shopping sebagai gaya hidup dan strategi pemberdayaan ekonomi umat Islam di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(1), 46–59.

Hakim, L. L., & Keni, K. (2020). Pengaruh brand awareness, brand image dan customer perceived value terhadap purchase intention. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(3), 81–86.

Iqbal, M. (2024). Spotify revenue and usage statistics (2024). Business of Apps. Diakses pada 29 Juni 2024, dari https://www.businessofapps.com/data/spotify-statistics/

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.

Kartika, D., Komariah, K., & Z, F. M. (2023). Analisis perceived quality dan perceived value terhadap intention to subscribe pada layanan video on demand Viu. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(2), 403–413.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran: Vol. 1 (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds., 12th ed.). Penerbit Erlangga.

Muhson, A. (2022). Analisis statistik dengan SmartPLS II: Path analysis, confirmatory factor analysis, & structural equation modeling.

Nafisyah, U., & Marsasi, E. G. (2023). The role of perceived value and perceived trust to optimize repeat purchase intention based on mean-end chain theory in generations Y and Z. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(4), 760–781.

Nurmalia, G., Mutiasari Nur Wulan, & Zathu Restie Utamie. (2024). Gaya hidup berbasis digital dan perilaku konsumtif pada Gen Z di Bandar Lampung: Keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(01), 22–32.

Pradana, W. D., & Bantam, D. J. (2023). Anteseden dan konsekuensi kepercayaan generasi Z kepada pemimpinnya dalam lingkungan kerja virtual. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi (JEBISMA), 1(2).

Rahmawati, H., & Driyan Pradana, W. (2024). Perilaku pembelian online konsumen produk kosmetik: Pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan celebrity endorsements di DIY. Jurnal Pijar, 2(4).

Rakhmayati, I. (2024). Spotify makin mahal, harga langganan naik Juli 2024 jadi segini. CNBC Indonesia. Diakses pada 9 Juli 2024, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240604122646-37-543665/spotify-makin-mahal-harga-langganan-naik-juli-2024-jadi-segini

Romadhona, P. (2018). Determinasi perbedaan nilai perusahaan publik di Indonesia, Thailand, dan Singapura dengan kepemilikan institusional sebagai pemoderasi. Universitas Pancasila.

Safitri, K., & Sukmana, Y. (2023). Perbedaan perilaku belanja online: Gen Z FOMO, milenial lebih stabil. Kompas.Com. Diakses pada 19 Mei 2024, dari https://money.kompas.com/read/2023/12/07/161758426/perbedaan-perilaku-belanja-online-gen-z-fomo-milenial-lebih-stabil

Salsabila, N., & Pradana, W. D. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Yogyakarta. Journal of Management and Social Science, 3.

Sari, W. P., & Pradana, W. D. (2024). The influence of work environment and work discipline on the performance of employees of PDAM Madiun Regency. Journal of Agriprecision & Social Impact, 1(2).

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing.

Spotify. (2024). Spotify Premium - Dapatkan Premium Individual. Diakses pada 16 Maret 2024, dari https://www.spotify.com/id-id/premium/

Suziana, Agriqisthi, & Akbar, L. A. (2024). Pengaruh content richness, perceived value dan social influence terhadap minat berlangganan (survey pada pengguna aplikasi Vidio di Kota Padang). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 4(1), 79–93.

Utami, M. A. T., & Astuti, M. E. (2023). Pengaruh brand image dan sertifikasi halal terhadap minat beli Mixue di Daerah Istimewa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat, 7(2), 55–64.

Yudha, K. S. A., & Tricahyono, D. (2021). Pengaruh harga dan citra merek terhadap minat berlangganan Spotify Premium pada mahasiswa di Indonesia. E-Proceedings of Management, 8(4).

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Noi Gitas Syahlita, & Wina Driyan Pradana. (2024). Pengaruh Perceived Value dan Harga Terhadap Minat Belangganan Spotify Premium Yang Dimoderasi Oleh Usia Pengguna. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(4), 198–211. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i4.1215

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.