Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian AMDK Le Minerale di Kecamatan Medan Petisah
DOI:
https://doi.org/10.61132/manuhara.v3i3.2014Keywords:
Brand Trust, Product Quality, Purchase DecisionAbstract
This study aims to analyze the effect of Brand Trust and Product Quality on the Purchase Decision of Bottled Drinking Water (AMDK) brand Le Minerale in Medan Petisah District. The research method used is quantitative with a multiple linear regression approach. The sample consisted of 70 respondents selected using accidental sampling technique. Data were collected through questionnaires and analyzed using validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, t-test, F-test, and determination test (Adjusted R Square). The results show that Brand Trust and Product Quality have a positive and significant effect both partially and simultaneously on Purchase Decision. The Adjusted R Square value of 0.441 indicates that these two variables explain 44.1% of the variation in purchase decisions, while the remaining 55.9% is influenced by other factors outside the research model.
Downloads
References
Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan pelanggan dan pencapaian brand trust. CV. Penerbit Qiara Media.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Dewi, W. S., Fitriaty, & Musnaini. (2024). Model keputusan pembelian smartphone Apple melalui aktivitas pemasaran media sosial, inovasi produk, dan brand image. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 13(5), 1666–1680.
Efendy, R., Gea, I., Safitri, A. D., & Teta, B. (2025). Kualitas produk dan citra merek (Keputusan pembelian konsumen susu Dancow di Kota Medan). Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 3(3), 1–10.
Faizy, A. F., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Vivo di Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–16.
Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk akuntansi, bisnis dan ilmu sosial lainnya (Edisi ke-8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Imawan, B. (2021). Pengaruh kualitas produk dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian produk Don Pablo Abon Mix. Performa, 6(4), 312–320. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2553
Mukhyi, M. A. (2023). Metodologi penelitian: Panduan praktis penelitian yang efektif. [Nama penerbit tidak disebutkan].
Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., Bukidz, D. P., & Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif. [Nama penerbit tidak disebutkan].
Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.
Suryaningrat, Y., Sutrisno, S., & Ratih, S. D. (2021). Pengaruh kualitas produk dan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen air minum isi ulang. Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 117–130. https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.734
Sutanto, W. D. R., & Kussudyarsana, K. (2023). The role of brand trust, brand image, brand equity on repurchase intention. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1), 119–128. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2395
Teta, B. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pengguna smartphone Vivo di Kota Tanjung Balai dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Manajemen: Jurnal Ekonomi USI, 4(2), 76–87.
Teta, B. (2024). Pengaruh kelalaian karyawan terhadap produktivitas di tambak udang Venambak. Manajemen: Jurnal Ekonomi USI, 6(3), 613–623.
Zebua, I. P. R., & Nurhayati. (2025). Peran harga sebagai pemediasi antara promosi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Jurnal Ilmiah SP Stindo Profesional (STIPRO), 11(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.