Analisis Perilaku Konsumtif Remaja terhadap Penggunaan Shopeepay Ditinjau dari Etika Konsumsi dalam Islam Studi Kasus pada Desa Pagerbarang
DOI:
https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1495Keywords:
Consumer, Behavior, Teenagers, ShopeePay, IslamicAbstract
This study aims to examine the consumer behavior of teenagers in pagerbarang village in using ShopeePay and analyze it from the perspective of Islamic consumption ethics. Data were collected through in-depth interviews with twenty teenagers selected using the snowball sampling technique. The results indicate that consumer behavior is influenced by discounts, promotions, transaction convenience, and social pressure. Teenagers tend to make impulsive purchases driven by emotional needs and low financial literacy. From the perspective of Islamic consumption ethics, such behavior contradicts the principles of moderation (qanâ’ah) and prohibition of extravagance (israf). Teenagers often overlook these values due to social and technological influences that facilitate easy transactions. Therefore, increasing awareness of financial literacy and religious values is crucial to fostering more prudent consumer behavior.
Downloads
References
Armina, A. M. (2022). Pengendalian impulsive buying melalui konsep qudwah dan qanā’ah dalam perspektif etika konsumsi. Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah, 5(2), 11–27. https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.v5i2.3295
Azizah, P. N., & Listiara, A. (2017). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 6(1), 332–337. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15141
Bahri S., A. (2014). Etika konsumsi dalam perspektif ekonomi Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(2), 347. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i2.360.347-370
BKKBN. (2024). Profil Tunggul Rahayu. BKKBN. https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/7739/tunggul-rahayu
BPS Kabupaten Tegal. (2024). Kecamatan Pagerbarang dalam angka 2024. BPS Kabupaten Tegal.
Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang dimediasi kontrol diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669
Eka Sri Wahyuni, A. Harpepen, N. W. S. (2022). Pola perilaku konsumtif mahasiswa akibat penggunaan online shop ditinjau dari etika konsumsi Islam. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 12–18. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.665
Farliana, N., Murniawaty, I., & Setiawati, A. (2021). Determinasi financial literacy, status sosial ekonomi orang tua dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 189. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2021.v15.i02.p03
Fitriyani, I., Elly Karmeli, Usman, & Kamaruddin. (2023). Analisis pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening. Jurnal TAMBORA, 7(3), 73–79. https://doi.org/10.36761/tambora.v7i3.3444
Hamdi, B. (2022). Prinsip dan etika konsumsi Islam (Tinjauan maqashid syariah). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i1.10821
Hayani, N., & Ikbal, M. (2020). Pengaruh Instagram sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif wanita karir di kota Pekanbaru. MBIA, 19(1), 12–20. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i1.820
Hayati, A. S., & Azis, M. (2023). Pengaruh kemudahan NVP dan pendapatan terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Financial and Accounting Indonesian Research, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.36232/jurnalfairakuntansiunimuda.v3i1.4409
Hidayati, N., & Indriana, Y. (2022). Hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-pop di Semarang. Jurnal EMPATI, 11(1), 56–60. https://doi.org/10.14710/empati.2022.33361
Ibrahim, A. D. P., Suherti, H., & Sartika, S. H. (2023). Peran literasi ekonomi pada perilaku konsumtif masyarakat Tasikmalaya berdasarkan Veblen Effect Theory. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9057–9062. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2893
Iskandar, I., & Rahmayanti, R. (2018). Pengaruh gaya hidup, kelompok teman sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 9(2), 93–104. https://doi.org/10.17509/jimb.v9i2.19749
Izazi, I. M., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan self control sebagai variabel mediasi (Studi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun). Review of Accounting and Business, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.333
Joey Paywala, R., Sunaryanto, S., & Utomo, S. H. (2022). Literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Jambura: Economic Education Journal, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.11684
Layaman, L., Khairunnisa, H., & Rohayati, R. (2022). Pengaruh e-money terhadap perilaku konsumtif dengan kontrol diri sebagai variabel intervening. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 61–73. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i2.8
Lorenza, R. Y., & Lestari, S. (2023). Kontrol diri dan konformitas sebagai prediktor perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Psycho Idea, 21(1), 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15752
M. Ravii Marwan, F. E. (2020). Pengaruh terpaannya iklan Shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif remaja kota Tangerang Selatan. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(2), 52. https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58
Nurfadilah, F., & Rohmah Maulida, I. S. (2023). Analisis perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah Unisba terhadap penggunaan Shopeepaylater ditinjau dari etika konsumsi dalam Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 63–66. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1751
Octaviani, C., & Kartasasmita, S. (2018). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik pada wanita dewasa awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 126. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.948
Putra, A. D., Desiana, R., & Alhalim, M. (2022). Pengaruh penyembelihan halal terhadap perilaku dan kepuasan konsumen. EKOBIS SYARIAH, 6(2), 30. https://doi.org/10.22373/ekobis.v6i2.17355
Putri, M. K., & Lasmanah. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa manajemen Universitas Islam Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.3670
Rafidah, R., Alawiyah, R., & Muliyana, M. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. JURNAL ECONOMINA, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.25
Rahayuningsih, S., & Prihastuty, D. R. (2021). Pengaruh financial literacy, financial behavior, financial attitude, dan demografi terhadap perilaku konsumtif (Studi pada ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Margorejo). JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.30996/jem17.v6i1.5274
Ramadhan Fahmi Putra, H. (2022). Peran literasi keuangan dan pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Dharma Pendidikan, 17(1), 21–39. https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.189
Sahnan, M., Ismail, N., & Al-Ayyubi, S. (2023). Analisis prinsip konsumsi Islam terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja online shop. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 278–288. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.11215
Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1639–1652. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.660
Sari, R. K., & Subaida, I. (2019). Pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif online shopping pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(1), 38. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i1.367
Sholekah, A. (2021). Pengaruh pemahaman pola konsumsi Islami terhadap konsumsi mahasiswi. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 2(4), 79–83. https://doi.org/10.37251/jske.v2i4.394
Siswanto, S. (2018). Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(3). https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16369
Slawi Ayu. (2024). Profil Desa Pagerbarang 2024 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. SlawiAyu.Com. https://www.slawiayu.com/desa/desa-pagerbarang-kecamatan-pagerbarang-kabupaten-tegal.html?utm_source=chatgpt.com
Suib, M. S., Rizkiyah, H., & Aini, F. N. (2021). Prevensi perilaku konsumtif perspektif Abraham Maslow dan Tri Logi Santri. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(2), 118–125. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2647
Toyo, M. (2019). Labelisasi halal terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk makanan sesuai hukum Islam. JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH, 3(1), 69–83. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117
Widiastuti, C. T., Universari, N., & Setiawan, I. N. (2023). Analisis gaya hidup sebagai variabel mediasi pada perilaku konsumtif belanja online. Solusi, 21(4), 366. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7497
Yahya, A. (2021). Determinan perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506
Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa sekolah menengah atas di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(6), 674–687. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i6.245
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.