Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan, Manfaat, Dan Kualitas Layanan Bagi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Menggunakan Paylater
DOI:
https://doi.org/10.61132/rimba.v1i4.314Keywords:
Literasi Keuangan, Manfaat, Kualitas Layanan, Minat menggunakan paylater, Technology Acceptance Model (TAM)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, manfaat, dan kualitas layanan mahasiswa akuntansi terhadap minat untuk menggunakan paylater. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan cara pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang populasinya merupakan mahasiswa akuntansi di Universitas Muhammadiyah Gresik. Cara pengambilan sampel yaitu menggunakan kuesioner berbentuk google form. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak mahasiswa akutansi yang senang berbelanja online menggunakan sistem pembayaran Paylater yang notabene mereka paham dengan sistem utang dalam keuangan dan telah dibuktikan pada 110 responden. Yang kemudian jawaban dari responden akan diolah dan berhasil mendapatkan hasil akhir bahwa literasi keuangan, manfaat, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi menggunakan paylater.
Downloads
References
Alfarugy, M.Z. (2022). Generasi Z Dan Nilai-Nilai Yang Dipersepsikan Dari Orangtuanya. Psyche: Jurnal Psikologi, 4(1), 84-95
Annur, C. (2020). KataData Insight. Retrieved from Gen Z Paling Sering Gunakan Shopee Pay & E-Money Untuk Bertransaksi. Kic.katadata.co.id https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/03/gen-z-paling-sering-gunakan-shopee-pay-e-money-untuk-bertransaksi (Diakses pada 31 Maret 2023 jam 09.23).
Arna, W. B., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linier Berganda. Jurnal Statistika dan Matematika, 1(1)
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan Terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(4), 309-325
Asri, V. C. A. K., & Dwiayanto, B. M. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Mediasi Kepuasan Pelanggan (Studi pada industri Rumah Tangga Jamu Putri Ayu Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(3).
Avi, T.B. (2022). Paylater Berkembang Pesat Selama Pandemi, Seiring Perkembangan E-Commerce dan Transaksi Digital. Cnnindonesia.com https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220711200222-78-820166/beda-bunga-paylater-kartu-kredit-dan-pinjol#:~:text=%22Paylater%20adalah%20bentuk%20 utang%2C%20pada,Senin%20(11%2F7). (Diakses pada 31 Maret 2023 jam 09.48).
Ayu, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengguna: (Studi Kasus Pada Pengguna Fitur Shopee Paylater ). GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 2(01), 60-72.
Badri, R. E., Putri, A. S., & Dyasvaro, R. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Fintech Paylater: Integrasi Model TAM Dengan Religiusitas. In Prosiding Seminar Proposal Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 91-96)
Bayu, N., & Sarah, S.A. (2020). Konsep Dan Perbandingan Buy Now, Pay Later Dengan Kredit Perbankan Di Indonesia: Sebuah Keniscayaan Di Era Digital Dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 183.
Davis, F. D. (1989). “Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, and Acceptance of Information System Technology”, MIS Quarterly. Vol. 13, No. 3.
Dewi, S. K., & Tarigan, A. A. (2022). Pengaruh Religiusitas, Risiko, Penanganan Keluhan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1544-1557.
Fahmi, A.B. (2022). Transaksi Paylater Tokopedia Melejit, tapi Shopee Pemimpinnya. Kic.katadata.co.id https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61de796484c55/transaksi-paylater-tokopedia-melejit-tapi-shopee-pemimpinnya. (Diakses pada 31 Maret 2023 jam 11.11)
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hana, C., & Supriyadi, S. G. (2019, September). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Kredit Modal Kerja Bagi Pelaku Umkm. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, pp. 1634-1641).
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thios, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Menggunakan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19-29.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 76-85.
Mukhid, A. (2011). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing
Permana, G. P. L., & Elsiani, A. I. (2020). Apakah Metode Pembayaran Paylater Aman?. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 5(1), 47-57.
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420-430.
Putri, S. E., Safitri, H., & Hariyanto, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Technology Acceptance Model Terhadap Minat Menggunakan Paylater Pada Mahasiswa. INOVASI, 19(1), 64-72.
Qurrota A'yun, Z., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Bandung. JAF (Journal Of Accounting and Finance), 3(1), 46-53.
Rafidah, I., & Djawoto, D. (2017). Analisis Keamanan Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(2).
Ritonga, N., & Ameliany, N. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Shopee Paylater dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 1130-1136.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44-57.
Sekar, P.D. (2022). Banyak Fitur PayLater, Gimana Menurut Pakar? Cnnindonesia.com https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220711200222-78-820166/beda-bunga-paylater-kartu-kredit-dan pinjol#:~:text=%22Paylater%20adalah%20bentuk%20 utang%2C%20pada,Senin%20(11%2F7). (Diakses pada 1 April 2023 jam 14.02)
Silalahi, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online. Khazanah Ilmu Berazam, Vol 3, No 2.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Vitt, L. A., Andersen, C., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal Finance And The Rush To Competence: Financial Literacy Education In The U.S. Virginia: Institute for Socio-Financial Studies.
Zhang, T., Shen, D., Zheng, S., Liu, Z., Qu, X., & Tao, D. (2020). Predicting Unsafe Behaviors At Nuclear Power Plants: An Integration Of Theory Of Planned Behavior And Technology Acceptance Model. International Journal of Industrial Ergonomics, 80, 103047.
Zusrony, E., Widyaningsih, D., & Dianta, I. A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Milenial Dalam Memahami Financial Technology Di Kabupaten Semarang. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 2(2), 202-209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.