Peningkatan Daya Saing Dan Pasar Usaha Peyek 'Cinta Rasa' Di Kelurahan Karang, Semanding, Tuban: Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Sektor Usaha Kecil Mikro

Authors

  • Hariyanti Hariyanti STIE Muhammadiyah Tuban
  • Dede Mariyani STIE Muhammadiyah Tuban

DOI:

https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i1.832

Keywords:

Tri Dharma of Higher Education, Independent KKN, Business Sales

Abstract

This research aims to increase sales of the "Cinta Rasa" project business through the implementation of Mandiri KKN which meets the established principles. Through analysis of local economic conditions, it was found that more than 50% of food sector business actors in Tuban Regency do not yet have halal certification, which has become a mandatory requirement following Law Number 33 of 2014. This research includes the stages of preparation, implementation, evaluation, reporting, and follow-up to Mandiri KKN. It is hoped that Mandiri KKN will be able to provide students with knowledge, skills and awareness of social life, as well as encourage innovation in the field of entrepreneurship. The focus of this research is increasing sales of the "Cinta Rasa" dent business through the implementation of halal certification, thus providing certainty of product halal status which increases consumer confidence and sales potential.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bapepeda Litbang. 2016. Pertumbuhan Ruko (Rumah Toko) di Probolinggo. https://bappedalitbang.probolinggokota.go.id/2016/03/pertumbuhan-ruko-rumah-toko-di-kota-probolinggo/#:~:text=Pengertian%20rumah%20usaha%20menurut%20dari,juga%20kegiatan%2Dkegiatan%20penyimpanan%20atau diakses tanggal 25 Januari 2024

Chanafi Ahmad, et.al. 2020. SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN UKM KERIPIK PISANG DI DESA TALANG MULYA KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN BERBASIS WEB. Laporan KKN. Institut Informasi dan Bisnis Darmajaya

Dinas Kesehatan Malang. 2020. Sertifikat Industri Rumah Tangga Pangan. https://dinkes.malangkota.go.id/layanan-publik/sertifikat-industri-rumah-tangga-pangan diakses tanggal 26 Januari 2024

Dinas Koperasi dan UMKM. 2023. Manfaat Sertifikat Halal Bagi UMKM. https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/berita/view/2620 diakses tanggal 27 Januari 2024

Kita Label. 2020. Pentingnya Label Untuk Kemasan. https://www.kitalabel.com/penitngnya-label-untuk-kemasan-produk/ diakses tanggal 26 Januari 2024

Lembaga Penjaminan Mutu. 2023. 5 Tahap Lakukan Analisis SWOT yang Tepat untuk Bisnis Anda Makin Sukses. https://lpm.uma.ac.id/5-tahap-lakukan-analisis-swot-yang-tepat-untuk-bisnis-anda-makin-sukses/ diakses tanggal 23 Januari 2024

Monkey Stupid. 2023. Cara Analisa SWOT Pada KKN. https://www.stupidmonkey.web.id/cara-analisa-swot-pada-program-kkn/ diakses tanggal 25 Januari 2024

Raeburn Alicia. 2023. Analisa SWOT: Arti dan Cara Menggunakannya (beserta contoh). https://asana.com/id/resources/swot-analysis diakses tanggal 27 Januari 2024

Rivaldy Adhitia. 2024. Yuk, Simak! Ini Contoh Analisis SWOT Produk Kerajinan yang Penting Untuk Bisnis. https://everpro.id/blog/contoh-analisis-swot-produk-kerajinan/ diakses tanggal 25 Januari 2024

TIM PKM. 2018. Modul Labeling dan Packaging. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bojonegoro. Bojonegoro

Turasih, Toheri. 2019. Pedoman Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Cirebon

file:///C:/Users/user/Downloads/KKN-TEMATIK-Penguatan-Manajemen-Usaha-dan-Strategi-Pemasaran-pada-Usaha-Mikro-Kecil-dan-Menengah-UMKM-Kabupaten-Gorontalo-Utara%20(2).pdf

chromeextension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://digilib.unila.ac.id/65146/3/TUGAS%20AKHIR%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf

https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7119/4/BAB%20III.pdf

chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_3431160906095052.pdf

https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7119/4/BAB%20III.pdf

https://kkn.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/Laporan-KKN-Sela.pdf

https://id.scribd.com/document/536371585/Contoh-LAPORAN-Akhir-KKN-UMKM

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Hariyanti Hariyanti, & Dede Mariyani. (2024). Peningkatan Daya Saing Dan Pasar Usaha Peyek ’Cinta Rasa’ Di Kelurahan Karang, Semanding, Tuban: Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Sektor Usaha Kecil Mikro. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 151–170. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i1.832

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.