Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Agista Bella Rahmanita Universitas Muara Bungo
  • Yudhi Novriansyah Universitas Muara Bungo
  • Khairun A Roni Universitas Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i1.1496

Keywords:

Celebrity Endorser, Brand Image, Product Quality, Purchase Intention

Abstract

This Research to determine the influence of Celebrity Endorser, Brand Image, and Product Quality on the Purchase Intention of Wardah Cosmetics in Rimbo Bujang, Tebo Regency. The research population consists of all consumers of Wardah cosmetic products, which is an unlimited number, where a sample of 100 respondents was selected using the Purposive Sampling technique. (Sampel bertujuan). Based on the data processing results using SPSS, it was found that, partially, Celebrity Endorser has a positive and significant effect on the purchase interest in Wardah Cosmetics. Brand Image has a positive and significant effect on the purchase interest in Wardah Cosmetics, and Product Quality has a positive and significant effect on the purchase interest in Wardah Cosmetics. Simultaneously, Celebrity Endorser, Brand Image, and Product Quality together have a positive and significant effect on the purchase interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, D. A. T., Nuada, I. W., & Wahyuningsih, S. (2024). Pengaruh kualitas produk makanan coffee break terhadap kepuasan konsumen di hotel Golden Palace. Journal of Responsible Tourism, 4(1), 205–212.

Akbar, R. (2015). Pengaruh inovasi produk dan selebriti endorser terhadap niat beli ulang sepeda motor otomatis Honda. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 8(1), 43–49.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. PILAR, 14(1), 15–31.

Anoraga, P. (2011). Manajemen bisnis. PT. Rineka Cipta.

Aries, N. B. A. (2011). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.

Asir, M., Puspitasari, D., Wahab, A., & Anwar, M. A. (2023). Efektivitas penggunaan celebrity endorser terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian produk: Literature review. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1790–1801.

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Deepublish.

Basyarahil, M. A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli kosmetik pria pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (Studi kasus pada mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Brilliany, E., & Nomleni, A. P. W. (2022). Pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen produk Scarlett. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 72–77.

Cenderamata, R. C., & Darmayanti, N. (2019). Analisis wacana kritis Fairclough pada pemberitaan selebriti di media daring. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 1–8.

Eka, V., Meutia, R., & Rahman, M. (2023). Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa. JIM: Manajerial Terapan, 3(2), 400–409.

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1), 5–11.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Bumi Aksara.

Hendrayani, E., & Siwiyanti, L. (2021). Manajemen pemasaran. Samudra Biru.

Hermawan, J. P. P. O., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh kualitas produk, desain produk, dan nilai konsumen terhadap keputusan pembelian produk motor listrik di Kota Madiun. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 5.

Jaya, I. (2019). Penerapan statistik untuk penelitian pendidikan. Prenada Media.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.

Kotler, P., & Armstrong, G. A. (2018). Prinsip-prinsip marketing. Salemba Empat.

Kotler, P., Armstrong, G., & Warren, R. (2012). Principles of marketing, third Canadian edition, Philip Kotler... [et al.] Test item file. Prentice Hall Canada.

Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi (Edisi 4). Erlangga.

Kurniasih, K., Praptiwi, R. N., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Wardah. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 10–20.

Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh kualitas produk dan lifestyle terhadap keputusan pembelian dengan celebrity endorser MSGlow. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).

Maulidya, D. (2020). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening: Studi kasus pada konsumen Wardah di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Merliani, N. N., Mangantar, M., & Arie, F. V. (2022). Analisis celebrity endorser dalam menarik minat beli konsumen pada pengguna media sosial Instagram (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 412–418.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School branding: Strategi di era disruptif. Bumi Aksara.

Nasafa, M. (2024). Fenomena endorse produk kecantikan oleh influencer Tasya Farasya melalui media sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 9(1).

Nugroho, I. D., & Sarah, S. (2021). Pengaruh brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Jurnal Indonesia Membangun, 20(1), 113–126.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2).

Putra, A. A. P., & Sumartik, S. (2024). Peran pengalaman pelanggan, citra merek, dan trust terhadap minat beli ulang konsumen Indomaret cabang Porong. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4082–4107.

Putri, M., Kumala, I. D., Rachmatan, R., & Sulistyani, A. (2023). Self-monitoring dan impulsive buying produk kosmetik di kalangan mahasiswi: Studi korelasi. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 5(2), 65–76.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Freshcare di Kota Denpasar. EMAS, 2(1).

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada konsumen mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505.

Sahabuddin, R., Arif, H. M., Manai, S. D., Suryani, D., & Sabirin, A. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli konsumen Wizzmie Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 230–237.

Sari, K., Wibisono, B., Hariyadi, E., Sofyan, A., & Suharijadi, D. (2023). Halal sebagai bahasa identitas produk kecantikan Wardah: Analisis wacana kritis. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, 24(1), 60–71.

Siregar, I. A. (2021). Analisis dan interpretasi data kuantitatif. Alacrity: Journal of Education, 39–48.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 53.

Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. PT Penerbit IPB Press.

Sundari, R. (2022). Meningkatkan minat beli produk online shop Shopee melalui celebrity endorser. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(3), 226–234.

Swastha, B. (2015). Manajemen pemasaran modern. Liberty.

Trista, N. L., & Saryadi, S. (2013). Pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap keputusan Toyota Avanza di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2), 21–28.

Usman, H. (2022). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan (Edisi 4). Bumi Aksara.

Utami, C. R. (2023). Strategi komunikasi endorsement Fadil Jaidi di akun Instagram terhadap tingkat online engagement edisi brand Rexona. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Widyana, S. F., & Putri, N. K. (2022). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah. Pro Mark, 12(2).

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Agista Bella Rahmanita, Yudhi Novriansyah, & Khairun A Roni. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(1), 234–246. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i1.1496

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.