Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di SPBU Pertamina 14.201.180 Jl. Aksara, Satria Barat, Medan Perjuangan

Authors

  • Hermika Pinem Universitas Negeri Medan
  • Arsyrah Fitri Universitas Negeri Medan
  • Monika Ayu Lumbantoruan Universitas Negeri Medan
  • Riski Lainatus Sifa Universitas Negeri Medan
  • Ivo Selvia Agusti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i3.1817

Keywords:

Customer Satisfaction, Facilities, Gas Station, Service Quality

Abstract

This study aims to analyze the effect of facilities and service quality on customer satisfaction at Pertamina gas station Jl. Aksara, Satria Barat, Medan Perjuangan. A quantitative method using multiple linear regression was employed, with data collected through questionnaires from 30 respondents using accidental sampling. The partial test (t-test) results show that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, while facilities do not show a significant individual effect. However, simultaneously (F-test), both independent variables significantly and positively influence customer satisfaction. The coefficient of determination (R²) of 60.9% indicates that customer satisfaction can be explained by the variables of facilities and service quality. This research provides recommendations for gas station management to continuously improve service quality to maintain customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (n.d.). BPS - Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id

Hazni, F. H., & Mutiawati, Y. (2023). Analisis kegiatan main peran makro untuk menstimulasi percaya diri pada anak usia 4–5 tahun di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4, 1–10. http://www.pastipas.pertamina.com

Imbari, S., & Saleh, D. S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas (Studi pada nasabah tabungan Bank BCA Cabang Purwakarta). Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 40–50.

Lestari, A., & Hutasuhut, J. (2021). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus di SPBU No. 14.205.156 Desa Bengkel Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(2), 331–344.

Lubis, M. R., & Hidayat, T. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada SPBU 14-202141 Medan Tenggara. Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan (JIMK), 3(2), 203–214.

Martono, N. (2015). Metode penelitian sosial: Konsep-konsep kunci. Nanang Martono.

Maryatna, R. A., & Lestariningsih, M. (2024). Pengaruh lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada SPBU Pertamina 54.601.106 Jalan Tidar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(9).

Panggalo, Y. D. R., Yusuf, S., & Reza, H. (2022). Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum: Studi kasus SPBU 64.752.02. Journal of Applied Industrial Engineering, 14(2), 187–199.

Prastica, S. B., & Marsudi, H. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di SPBU Lemah Bang Sragen. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 6(1).

Rindiasari, P. R., Hidayat, Y., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas angket kepercayaan diri. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(5), 367–372.

Sulistyorini, R. I., & Rayhan, G. (2022, January). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen SPBU 44.575.17 Bulakrejo. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 2(1), 128.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Susanto, P. H., & Subagja, I. K. (2019). Pengaruh kualitas layanan, kepuasan nasabah dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 69–84.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Hermika Pinem, Arsyrah Fitri, Monika Ayu Lumbantoruan, Riski Lainatus Sifa, & Ivo Selvia Agusti. (2025). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di SPBU Pertamina 14.201.180 Jl. Aksara, Satria Barat, Medan Perjuangan. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(3), 269–288. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i3.1817

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.