Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Memberikan Pelayanan Prima pada Politeknik Piksi Input Serang

Authors

  • Siti Sofiyah Politeknik Piksi Input
  • Yeti Asmawati Politeknik Piksi Input
  • Yanto Heryanto Politeknik Piksi Input
  • Dian Evariana Politeknik Piksi Input

DOI:

https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.865

Keywords:

human resource, services, strategy

Abstract

Human resource development is a process of how management gains experience, skills and attitudes to achieve success as leaders in the organization, so that development activities are aimed at helping employees/employees to be able to handle their responsibilities in the future. Bearing this in mind, training and human resource development programs are needed which are carried out periodically and continuously, in order to provide satisfactory (prime) service. Thus, companies/institutions need to have good operational implementation instructions, as well as educated officers who can implement these operational systems and procedures appropriately. Apart from development, training activities are also very influential on human resources because with this training human resources will be encouraged to be able to provide excellent service for candidates or those interested in buying or using their services. And it is no less important to provide training to customer service on how to serve in a very friendly, polite, knowledgeable manner so that clients/interested people can feel comfortable when communicating or making transactions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad , dkk, Layanan Cinta Perwujudan Layanan Prima Perpustakaan, Jakarta: Jagung Seto, 2012.

Ardana, Komang I, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bangun, Wilson, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga, 2012.

Basuki, Sulistya, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Surabaya: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Daryanto dan Ismanto Setyobudi, Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Java Media, 2014.

Departemen Republik Indonesia, Al Quran dan Terjemahannya, Jakarta: PT Rilis Grafika, 2009.

Dessler, Gary, Manajemen Personalia: Teknik dan Konsep Modern, terj. Oleh Agus Dharma. Terjemahan, Jakarta: Erlangga, 1997.

Dessler, Gary, Manajemen Sumber Daya Manusia edisi Kesepulh jilid 1, terj. Oleh Paramita Rahayu. Terjemahan, Jakarta: Indeks, 2011.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta : CV. Andi Offset, 2008), h.3.

Handoko, T. Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2014).

Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Haromain, ”Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren”, Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol. 1, No. 2, Juni 2013.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

HS, Lasa, Manajemen Perpstakaan, Yogyakarta: Gama Media, 2005.

HS, Lasa, Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan, Yogyakarta: Ombak, 2017.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sulseltrabar/baca-artikel/15009/Apa-itu-Pelayanan-Prima.html (diakses 10/1/2024, jam 10:48).

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/#1_Marrus (diakses 8/1/2024, jam 21:23).

Kadarisman, M., Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Kadarisman, M., Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grafindo Persada, 2013.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kaswan, Pelatihan dan Pengembangan: Untuk Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta, 2013.

Kaswan. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43–50.

Mahfidhoh, Saniyatul , “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Guru di SMP Muhammadiyah1 Yogyakarta)”, skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Setiyono, Budi., (2021). Manajemen Pelayanan Umum – Modul 5 Pelayanan Prima. Tangerang: Universitas Terbuka.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-04-23

How to Cite

Siti Sofiyah, Yeti Asmawati, Yanto Heryanto, & Dian Evariana. (2024). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Memberikan Pelayanan Prima pada Politeknik Piksi Input Serang. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(3), 87–105. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.865