Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Alfamart di Kabupaten Aceh Barat

Authors

  • Sartika Sartika Universitas Teuku Umar
  • Yusnaidi Yusnaidi Universitas Teuku Umar
  • Cut Mega Putri Universitas Teuku Umar
  • Mardaleta Mardaleta Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.61132/manuhara.v3i1.1522

Keywords:

Consumer Purchase Interest, Service Quality, Location

Abstract

This study aims to analyze the influence of service quality and location on consumer purchasing interest at Alfamart minimarkets in Aceh Barat Regency. The population in this study consists of all consumers shopping at Alfamart Regency, Aceh Barat. The sample selection was conducted using purposive sampling, with a total sample size of 134 respondents. The analytical method used in this study is quantitative descriptive analysis. The results of the study indicate that, partially, service quality has a significant effect on consumer purchasing interest at Alfamart minimarkets in Aceh Barat Regency. Additionally, location also has a significant effect on consumer purchasing interest at Alfamart minimarkets in Aceh Barat Regency. The hypothesis testing results show that, simultaneously, there is a significant influence between the service quality variable (X1) and the location variable (X2) on consumer purchasing interest (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

AJNN. (2024, Mei 1). Pemuda Aceh Barat protes ritel modern semakin menjamur dan gerus pedagang kecil. https://www.ajnn.net/news/pemuda-aceh-barat-protes-ritel-modern-semakin-menjamur-dan-gerus-pedagang kecil/index.html

Akbar, A.S., Ningrum, D.L., Alparisin, M.R., Sanjaya, V.F. (2021). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli pada Konsumen Kopi Ketje Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(1).

Amazihono, A. (2018). Analisis Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 123-135.

Ardiani, M.F. (2020). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan D’Angel (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).

Arianto, D., Sari, R., Prabowo, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(3), 45-60.

Arianto, N., Difa, S.A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Azhari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada FBM Worldwide. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2), 35-44.

Azis Syaefurohim, A. (2022). Pengaruh Voucher Diskon, Pengalaman Konsumen, Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Layanan Gofood Saat Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Denih Lesmana, P., et al. (2018). Pengaruh Desain Kemasan Dan Varian Rasa Terhadap Minat Beli Keripik Move On.

Dipa, N.T. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, PomosiI, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Alfamart 12B Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Efendi, R., Kristiana, T., Sion, H. (2024). Kualitas Pelayanan dan Lokasi Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 5(2), 320-333.

Handayani, S. (2019, 27 Juni). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Perusahaan XYZ. Insight: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora,9(1),1-15. Diaksesdari https://ejournal.unib.ac.id/index.

Hermansah, N.R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Indomaret Di Wilayah Surabaya. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 8(5), 467-477.

Hugroho, H.A. (2019). Kualitas pelayanan menurut Tjiptono (2007:47). Diakses dari https://albama.amayogyakarta.ac.id/uploads/journal.

Husna, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Varian Prooduk Terhadap Keputusan Pelanggan Pada Tell On Cafe And Resto Karanggeneng Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan).

Hutapea, H., Purwanto, S. (2022, March). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 168-174).

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2019, 27 Agustus).

Industri ritel modern masih menunjukkan tren positif. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Diakses dari https://www.kemendag.go.id.

Kumala, D., Edityawati, M.I. (2023). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen di Toko Alfamart Cileungsi. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(1), 62-68.

Mitariani, N.W.E., Imbayani, I.G.A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung. EMAS, 1(1).

Muzhiroh, M., Budiono, B. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat).

Nofita, A.N., Istiasih, H., Damayanti, S. (2024, September). Pengaruh Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Alfamart Tulungangung. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 9).

Nurdiah, S. (n.d). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan Dan Lokasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI.

Pangestu, R., Sholahuddin, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Diskon Harga Terhadap Pembelian Implusif Bussana Muslim dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(8), 4002-4018.

Pratiwi, A.R. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk Makeover Pada Pembeli Counter Makeover Di Sun Plaza Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Putra, R.W., Suryana, H.P. (2024). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Di Rehat Coffee Soreang (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan Bandung).

Rafliyanti, N.M., (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Band Sensor Indonesia (Doctoral dissertation, Stie Pembangunan Tanjungpinang).

Rahmalia, N. (2023, Oktober 10). Indomaret vs Alfamart. Paper.id. https://www.paper.id/bisnis/indomaret-vs-alfamart.

Ramadhan, A.N., Rakhmat, H.C., & Lestari, S.P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Ayam Pedaging Cita Poultry Shop Tasikmalaya). Jurnal Hexagro, 3(1).

Sari, L., Prabowo, H. (2021). Sinergi Kualitas Pelayanan dan Lokasi dalam Meningkatkan Minat Beli. Jurnal Riset Pemasaran, 15(1), 78-90.

Sinambela, R.Y.P., et al. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240.

Sudarnaya, I.K., Sukadana, I.M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Alfamart. Artha Satya Dharma, 15(1), 07-17.

Sundari, W.S., Riono, S.B., Harini, D. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 180-187.

Syafrida, H.S., (2022). Metodelogi Penelitian. Jogjakarta, Jawa Timur: PENERBIT KBM INDONESIA.

Tulim, A. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Triyasa Sukses Makmur Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(1).

Vauzi, M.R. (2023, September 9). Alfamart (AMRT) akan terus melampaui pertumbuhan industri ritel modern di Indonesia. EmitenNews. https://www.emitennews.com/news/alfamart-amrt-akan-terus-melampaui-pertumbuhan-industri-ritel-modern-di-indonesia

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Sartika Sartika, Yusnaidi Yusnaidi, Cut Mega Putri, & Mardaleta Mardaleta. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Alfamart di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 218–233. https://doi.org/10.61132/manuhara.v3i1.1522

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.