Pengaruh Marketing Digital Shopee Affiliate pada Minat Beli Mahasiswa Sistem Informasi ITS

Authors

  • Princessa Sissy Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Maharani Aisadira Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Dyta Khairani Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Fadhila Syahda Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nur Aini Rakhmawati Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.447

Keywords:

Marketing Digital, Shopee Affiliate, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari strategi marketing digital melalui program Shopee Affiliate terhadap minat beli pelajar pada jurusan Sistem Informasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Marketing digital telah menjadi aspek integral dalam era e-commerce yang berkembang pesat, dan program afiliasi Shopee merupakan salah satu metode yang menonjol dalam mencapai audiens target. Minat beli mahasiswa, sebagai variabel kunci, menjadi fokus utama dalam pemahaman perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear untuk mengukur sejauh mana dampak dari pemasaran digital Shopee Affiliate terhadap minat beli mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa marketing Shopee Affiliate memiliki pengaruh positif dan signifikan  sebesar 31,7% terhadap minat beli mahasiswa Sistem Informasi ITS. Penambahan nilai dalam marketing Shopee Affiliate akan meningkatkan minat beli secara statistik signifikan, yakni 0,257 satuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, C. M. (2022, 03 23). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Ayuningtyas, K., & Gunawan, H. (n.d.). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. JABA (Journal of Applied Business), 2 (1), 152-165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763

Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain. (2023, June 26). CNN Indonesia.

Ginting, F., Buulolo, E., & Siagian, E. R. (n.d.). IMPLEMENTASI ALGORITMA REGRESI LINEAR SEDERHANA DALAM MEMPREDIKSI BESARAN PENDAPATAN DAERAH (STUDI KASUS: DINAS PENDAPATAN KAB. DELI SERDANG). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1), 275. 10.30865/komik.v3i1.1602

Hardianawati. (2023, 06 27). Affiliated Marketing Content in Shopee Through Tiktok Media on Purchase Decisions, 17, 12. https://doi.org/10.24857/rgsa.v17n4-025

Harnanto, M. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN K3 DALAM PRAKERIN SISWA SMK N 1 NANGGULAN, 77. https://eprints.uny.ac.id/67075/5.pdf

Japarianto, E., & Adelia, S. (n.d.). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/ pemasaran.14.1.35-43

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

N. Kusumawati, F. Marisa, I. D. Wijaya, dan U. W. Malang, .Prediksi kurs rupiah terhadap dolar Amerika dengan menggunakan metode regresi linear. JIMP - J. Inform. Merdeka Pasuruan, Vol. 2, no. 3, hlm. 45–56, 2017.

Pramesta, N. R., Natania, C. M., Izdihar, A. H., & Rakhmawati, N. A. (2022, December). A Analisis Pengaruh Strategi Flash Sale Terhadap Minat Beli dan Perilaku Impulsif Mahasiswa ITS. ANALISIS PENGARUH STRATEGI FLASH SALETERHADAP MINAT BELI DAN PERILAKU IMPULSIF MAHASISWA ITS, Vol 10 No 3: Jursima Vol.10 No.3(1), 11. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.487

Putri, I. T. A. (2022). Pengaruh Strategi Afiliasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada konsumen Shopee). Skripsi Sarjana, STIE PGRI Dewantara Jombang. https://repository.stiedewantara.ac.id/3737/

Sim, L. S., Christopher, M., Nafitra, H. D., Panjaitan, J. S. V., & Rakhmawati, N. A. (n.d.). Pemilihan Platform E-Commerce pada Kalangan Mahasiswa ITS dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Journal Teknoinfo. https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2252

Suryani, H. (2015). Metode riset kuantitatif : teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam /. Prenadamedia Group.

Todor, D. R. (2016). Blending Traditional And Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Braşov, 9 (58), 52.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Princessa Sissy, Maharani Aisadira, Dyta Khairani, Fadhila Syahda, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Pengaruh Marketing Digital Shopee Affiliate pada Minat Beli Mahasiswa Sistem Informasi ITS. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 182–197. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.447

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.