Pengaruh Marketing Digital Shopee Affiliate pada Minat Beli Mahasiswa Sistem Informasi ITS
DOI:
https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.447Keywords:
Marketing Digital, Shopee Affiliate, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari strategi marketing digital melalui program Shopee Affiliate terhadap minat beli pelajar pada jurusan Sistem Informasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Marketing digital telah menjadi aspek integral dalam era e-commerce yang berkembang pesat, dan program afiliasi Shopee merupakan salah satu metode yang menonjol dalam mencapai audiens target. Minat beli mahasiswa, sebagai variabel kunci, menjadi fokus utama dalam pemahaman perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear untuk mengukur sejauh mana dampak dari pemasaran digital Shopee Affiliate terhadap minat beli mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa marketing Shopee Affiliate memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 31,7% terhadap minat beli mahasiswa Sistem Informasi ITS. Penambahan nilai dalam marketing Shopee Affiliate akan meningkatkan minat beli secara statistik signifikan, yakni 0,257 satuan.
Downloads
References
Annur, C. M. (2022, 03 23). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Ayuningtyas, K., & Gunawan, H. (n.d.). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. JABA (Journal of Applied Business), 2 (1), 152-165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763
Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain. (2023, June 26). CNN Indonesia.
Ginting, F., Buulolo, E., & Siagian, E. R. (n.d.). IMPLEMENTASI ALGORITMA REGRESI LINEAR SEDERHANA DALAM MEMPREDIKSI BESARAN PENDAPATAN DAERAH (STUDI KASUS: DINAS PENDAPATAN KAB. DELI SERDANG). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1), 275. 10.30865/komik.v3i1.1602
Hardianawati. (2023, 06 27). Affiliated Marketing Content in Shopee Through Tiktok Media on Purchase Decisions, 17, 12. https://doi.org/10.24857/rgsa.v17n4-025
Harnanto, M. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN K3 DALAM PRAKERIN SISWA SMK N 1 NANGGULAN, 77. https://eprints.uny.ac.id/67075/5.pdf
Japarianto, E., & Adelia, S. (n.d.). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/ pemasaran.14.1.35-43
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
N. Kusumawati, F. Marisa, I. D. Wijaya, dan U. W. Malang, .Prediksi kurs rupiah terhadap dolar Amerika dengan menggunakan metode regresi linear. JIMP - J. Inform. Merdeka Pasuruan, Vol. 2, no. 3, hlm. 45–56, 2017.
Pramesta, N. R., Natania, C. M., Izdihar, A. H., & Rakhmawati, N. A. (2022, December). A Analisis Pengaruh Strategi Flash Sale Terhadap Minat Beli dan Perilaku Impulsif Mahasiswa ITS. ANALISIS PENGARUH STRATEGI FLASH SALETERHADAP MINAT BELI DAN PERILAKU IMPULSIF MAHASISWA ITS, Vol 10 No 3: Jursima Vol.10 No.3(1), 11. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.487
Putri, I. T. A. (2022). Pengaruh Strategi Afiliasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada konsumen Shopee). Skripsi Sarjana, STIE PGRI Dewantara Jombang. https://repository.stiedewantara.ac.id/3737/
Sim, L. S., Christopher, M., Nafitra, H. D., Panjaitan, J. S. V., & Rakhmawati, N. A. (n.d.). Pemilihan Platform E-Commerce pada Kalangan Mahasiswa ITS dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Journal Teknoinfo. https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2252
Suryani, H. (2015). Metode riset kuantitatif : teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam /. Prenadamedia Group.
Todor, D. R. (2016). Blending Traditional And Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Braşov, 9 (58), 52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.