Pengaruh Green Produk, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Rempeyek Ilhamumtaza Kota Jambi

Authors

  • Ading Nadia Sansabilla Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Rafidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mohammad Orinaldi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i3.1089

Keywords:

Green Products, Halal Labels, Prices, Purchasing Decisions

Abstract

This thesis aims to find out the influence of green products, halal labels and prices on purchasing decisions for Umkm Rempeyek Ilhamumtaza products in Jambi City. The research here uses quantitative research methods. The approach used in this research is the descriptive-quantitative method. The research results show (1) a Sig value of 0.000 < 0.005. This means that Green Products have a significant effect on purchasing decisions. And it can be seen that the t-count value is 5.878 > 1.985 from the t-table. This means that Green Products influence purchasing decisions or the first hypothesis is accepted. (2) the Sig value is 0.001 < 0.005. This means that the halal label has a significant effect on purchasing decisions. And it can be seen that the t-count value is 3.562 > 1.985 from the t-table. This means that the halal label has an influence on purchasing decisions or the second hypothesis is accepted. (3) Sig value is 0.000 < 0.005. This means that price has a significant influence on purchasing decisions. And it can be seen that the t-count value is 8.461 > 1.985 from the t-table. This means that price influences purchasing decisions or the third hypothesis is accepted. (4) the Sig value is 0.000 < 0.05, this means that Green Product, Halal Label and Price together (simultaneously) have a significant influence on purchasing decisions or the fourth hypothesis is accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, dan Lestari. (2021). Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma) 1(2).

Alfiah, & Muflikha. (2022). Pengaruh Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Samyang Kecamatan Prigen. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. Vol 5(1).

Alfian, I. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Merk dan Harga terhadap Keputusan di Kota Medan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 122–145.

Aliyusna, Rafidah, dan Habibah. (2022). Pengaruh Promosi, Sertifikasi Halal Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Produk Madu Kake’ Jambi. Jurnal Ilmiah Hospitality, Vol.11 No.2.

Andari. (2023). Garuh Green Marketing, Label Halal Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Safi). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Andriani, R., Nengsih, T, A., & Prasaja, A, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Desa Sungai Rambut Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Sains Student Research.1(2).

Anggilia., Malik., & Siregar. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Desa Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (Jupiman) 2(1).

Augusty, F. (2006.) Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Ayatusifa, S, S., Orinaldi, M., & Agusriandi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi). Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah (JUPIEKES) 1(3).

Lestari, A, P., Nengsih, T, A., & Sudharyati, N. (2023). Pengaruh Green Product Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Kedas Beauty Masyarakat Muslim Kota Jambi. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 1(3).

Linminardi, R., Zahara, A, L., & Putri, N, S. (2023). Pengaruh Produk, Promosi, Harga Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Dari Persfektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(3).

Lubis, Akrim Ashal. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 16.2.

Marissa, N., Anita, E., & Nofriza, E. (2023). Pengaruh Label Halal, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Produk Kosmetik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi (JURRIE), 2(2).

Nelly, Dkk. (2021). Pengaruh Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Air Minum Di Kota Banda Aceh. Jurnal Sosiohumaniora Kodepena Vol 2(1).

Nengsih, T, A., Kurniawan, F., & Prasaja, A, S. (2021). Analisis Perbandingan Keputusan Membeli di Pasar Tradisional dan Modern. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(1).

Pratiwi, H. (2020). pengaruh label halal dan harga terhadap kepuusan pembelian konsumen muslim di iga bakar mas giri kota jambi. 126(1), 1–7.

Putri, Bahar, Miranti dan Purwidiani. (2024). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Makanan (Snack) Jepang Di Surabaya. JTB Vol. 12(2)

Putri, M, N., Mutia, A., & Siregar, E, S. (2023). Pengaruh Label Halal, Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Restoran Ichiban Jamtos Jambi. Journal of Student Research (JSR), 1(6).

Putri, Satria, Dan Setiawan. (2022). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Mini Market Mutiara Indah Talang Kelapa Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA),(2)1.

Rafidah., Kurniawan & Zia. (2016). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Rabbani di Kota Jambi. Innovatio, 14(2).

Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rasyad, F, A., Usdeldi & Budianto, A. (2023). Pengaruh Rating, Diskon Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Study Pada Mahasiswa Febi Uin STS Jambi). Jurnal Sains Student Research, 1(1).

Rofiah, S, L., Tarmizi, A., & Orinaldi, M. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 4(1).

Sartika., Anita., Mubyarto., & Munsarida. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Pada Online Shop. Jurnal Makesya, 2 (1).

Yalip., Nengsih, T, A., & Martaliah, N. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Daging Impor Di Toko Daging Abah Kenali Asam Bawah Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3).

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Ading Nadia Sansabilla, Rafidah Rafidah, & Mohammad Orinaldi. (2024). Pengaruh Green Produk, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Rempeyek Ilhamumtaza Kota Jambi. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(3), 50–64. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i3.1089

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.