Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Fahmi Abdul Azis Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Suci Putri Lestari Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Kusuma Agdhi Rahwana Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i3.206

Keywords:

Customer Relationship Management, Product Innovation, Customer Loyalty

Abstract

This study aims to determine the effect of CRM and product innovation on customer loyalty SMeS Bordir. The method used in this study is a quantitative method with a descriptive approach, with a research sample of 100 respondents and the analytical tool used in this study is multiple linear regression. The results of this study indicate that CRM and Product Innovation have a significant simultaneous effect on Customer Loyalty in SMeS Bordir. CRM and Product Innovation have a significant partial effect on Customer Loyalty to SMeS Bordir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliatul M, Margareth dkk. (2020). Pengaruh Harga, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan n (Study Kasus Pada Konsumen Toko Handmadeshoesby Cabang Malang). Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN.

Carissa, Anatasha Onna dkk. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebagai upaya untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 1

Dachi, A. (2020). Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. JSHP VOL. 4 NO. 2 2020.

DINAS KOPERASI, U. M. (2019, mei 13). Open Data Tasikmalaya. Retrieved Agustus senin, 2020, from https://data.tasikmalayakota.go.id/dinas-koperasi-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-perindustrian-dan-perdagangan/jumlah-unit-usaha-industri-kecil-dan-mikro-di-kota-tasikmalaya-tahun-2014-2017/

Ersi, D. Y. (2014). Analisis CRM, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Produk UKM Berbasis Bahan baku terigu di jawa tengah. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 1, April 2014.

Fatkhan Amirul Huda. (2016). Uji Asumsi Klasik. Diakses dari: http://fatkhan.web.id/ujiasumsi-klasik/

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariry, Muhammad dkk. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Tas Consina Store Kota Malang. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma

Iriandini, Anggita Putri dkk. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 23

Kartika Imasari, K. K. (2011). Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT BCA Tbk. Fokus Ekonomi (FE), Desember2011, Hal. 183 -192, Vol.10, No.3I

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Person Education,Inc

Lukas, Bryan A, dan Ferrell, O.C., 2010, The Effect of Market Orientation on Product Innovation, Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2),239-247.

Nursaidah. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Relationship. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 5 No.1 Juni.

Putra, M. C. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, 2017, 1674-1700.

Setyaleksana, B. Y. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.46 No.1 Mei 2017, 45.

Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sinurat, E. S. (2017). Pengaruh inovasi Produk, Harga, Citra merek dan kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA, Hal. 2230 - 2239.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyono, A. R. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan. jurnal administrasi bisnis Vol. 64 No.1 November 2018, 153.

Widarto. (2013). “Penelitian Ex Post Facto”. Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Fahmi Abdul Azis, Suci Putri Lestari, & Kusuma Agdhi Rahwana. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(3), 33–49. https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i3.206

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.