Pengaruh Lokasi, Harga, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Mie Mustanir Cabang M. Yamin Kota Samarinda

Authors

  • Qothifah Risma Febriyanti Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Noor Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.61132/rimba.v2i4.1329

Keywords:

Location, Price, Word of Mouth, Purchase Decision

Abstract

This research aims to determine the effect of location, price, and word of mouth on purchasing decisions partially and simultaneously. This study uses a type of quantitative research through an associative approach with a Likert scale. The sampling technique used in this study was accidental sampling technique with a sample of 105 respondents from consumers of Mustanir Noodle Restaurant, M. Yamin Branch. Hypothesis testing in this study using statistical software SPSS version 26. The results showed that partially the price and word of mouth variables had a significant effect on purchasing decisions, but the location variable had no significant effect partially on purchasing decisions. Simultaneously, the three variables have a significant effect on purchasing decisions at the Mustanir Noodle Restaurant, M. Yamin Branch.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nur. (2020). Word of Mouth Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Di Era Digital (Studi Kasus Optik Tiga Lima Purwokerto). Skripsi IAIN Purwokerto. https://eprints.uinsaizu.ac.id/7917.

Asia, N. (2020). Pengaruh Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen Alfamart Di Lembang Kabupaten Pinrang. Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare, 4(2).

Edy Susanto, M. (2019). Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Word of Mouth Dan Media Sosial Terhadap Proses Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Keibar Ciputat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Efendi, Mahmud. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mie Ayam Bakso "GSM" di Klaten. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 988-1000 .

Fauji, Robby. (2018). Pengaruh Kualitasi Pelayanan, Lokasi, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Anugerah Al-Baghdadi Mebel Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(1), 125-146).

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127. 87

Mundir. (2015). Analisis Pengaruh Harga , Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Mitra Nelayan Tanara Serang Banten). Skripis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33169.

Aini, Marcilia. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Umkm Seblak Acil Alun-Alun Karanganyar. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. https://eprints.iain surakarta.ac.id/6203.

Putri, M. A. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Store Atmosphere, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Restoran Warungk Upnoral Cinere). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/42892. Hidayatullah.

Saphira, H., & Arda, M. (2021). Pengaruh Harga dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1-9.

Yunita, Aryani. (2021). Pengaruh Media Sosial, Word of Mouth, Faktor Pribadi, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Warung Makan Koki Kita Kota Magelang). Universitas Muhammadiyah Magelang Repositori, 1-70.

M. Jannah. (2019). "Proses Keputusan Pembelian". Journal of Chemical Information 88 and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Hidayati, A. S. N., & Yamini, E. A. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1).

Ilfathna, Z., & Yuniarinto, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Kober Mie Setan di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2).

Liswandany, F., Supriyono, & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 71–80.

Negara, I. M. W., Febianti, F., & Paramita, P. D. Y. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(10), 2205–2218.

Purbowo, F., Azulfa, K. R., Al Hasan, N., & Masruroh, S. R. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Mie Gacoan di. Jombang. Agrimics Journal, 1(1), 33–43.

Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1573–1582.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Qothifah Risma Febriyanti, & Tuti Wediawati Noor. (2024). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Mie Mustanir Cabang M. Yamin Kota Samarinda. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(4), 90–105. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i4.1329

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.