Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika Melalui Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i4.1388Keywords:
mathematics, concepts, scientificAbstract
The purpose of the research is to provide training and enhance students' understanding of mathematical concepts. The methods used in this activity are direct practical methods and lecture methods. The service was conducted at SDN 2 Kembiritan Jl. Raya Pandan. RT / RW: 1 / 7, Dusun Temurejo, Kembiritan, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi, East Java 68465. The implementation of community service activities at SDN 2 Kembiritan was carried out in several stages, namely preparation, execution, and closure. The results of the community service showed that strengthening mathematical concepts with a scientific approach can enhance students' understanding of mathematical concepts. This was proven by the test results, which showed an improvement after the scientific approach was applied.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May).
Andri Setriyadi, A. H. H. (2021). Analisis kesulitan memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa melalui kemandirian belajar. Utile: Jurnal Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1277
Antarini, S., Awaludin, A., & Pratama, D. F. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode saintifik pada pembelajaran praktikum. Journal of Elementary Education, 3(1).
Bakar, A. (2021). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa (Studi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 20 Pagar Alam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18095
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar. Edupedia, 4(2).
Isroqmi, A. (2020). Software aplikasi pembuat animasi sebagai alternatif pengganti alat peraga untuk menanamkan konsep dasar matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4127
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Liana, D. (2020). Berpikir kritis melalui pendekatan saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1). https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92
Mohamad Yudiyanto, Deni Soidin, & Suhara, D. (2023). Penerapan permainan gebrakan dengan kartu bilangan bulat sebagai media pembelajaran pada pembelajaran matematika. MURABBI, 2(1). https://doi.org/10.69630/jm.v2i1.12
Nasution, M. (2018). Konsep standar proses dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01). https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249
Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika kelas 3 semester 1. MANAZHIM, 2(1). https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659
Radiusman. (2020). Studi literasi: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc.
Ribaah, R. Z., & Yullah, A. S. (2024). Pengaruh self worth terhadap hasil belajar matematika. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 9-15.
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. THABIEA: Journal of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis pemahaman konsep matematika pada materi operasi bilangan bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.