Pengaruh Pelayanan Karyawan Dan Program Maskapai Penerbangan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Sriwijaya Air Makassar

Authors

  • Rahmad Wijaya Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia Makassar
  • Nasriah Akil Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia Makassar
  • Fauziah Fauziah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.366

Keywords:

Employee Services, Airline Programs, Customer Satisfaction.

Abstract

The aim of this research is to determine the partial and simultaneous influence of employee service variables, airline programs, customer satisfaction, where this research uses a quantitative research approach with a sample size of 100 PT consumers. Sriwijaya Air using the multiple regression analysis method with the help of the SPSS.26 application. The findings of this research show that the employee service variable has a positive and significant effect on customer satisfaction, the work program variable also has a positive and significant effect on customer satisfaction, while simultaneous testing shows that employee service and airline programs have a positive and significant effect on customer satisfaction at PT. Sriwijaya Air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Arif Ferdian. 2018. Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Dalam Persefektif Islam (Skripsi).Lampung (ID): Universitas Islam Negri Raden Intan.

Andang, Susanto. Statistik untuk Ekonomi dan Bisnis Islam, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2017.

Astuti, P. P., & Irfan, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Prioritas, 3(3), 119-127.

Haq. Dinul (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus mahasiswa Strata Satu Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar Angkatan 2017-2020).

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2).

Irfan, A., Mahfudnurnajamuddin, M., Hasan, S., & Mapparenta, M. (2020). The effect of destination image, service quality, and marketing mix on tourist satisfaction and revisiting decisions at tourism objects. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 727-740.

Irfan, A., Nuryadin, A., & Alim, A. (2023). The Influence of Location and Price on Shopping Decisions at Practical Gelael Makassar. Jurnal Economic Resource, 6(1), 191-199.

Irfan, A., Latif, N., & Ismail, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah pada Kantor AJB Bumiputera 1912 Cabang Ujung Tanah. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 171-178.

Hardianti Rukayya, Andi. (2016). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Sarana,Prasarana, Serta Pelayanan, Terhadap Efisiensi Kerja Pada Dinas Tata Ruang Dan Kebersihan Kabupaten Jenneponto. Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-Amkop Makassar.

Hetzer, E. 2012. Central and Regional Government, Jakarta: Gramedia.

Iqbal, Muh. 2019.Pengaruh Kinerja Staf Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Prodi Manajemen Stie Amkop Makassar.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232-243.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Manurug, Parasian. 2017. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang DiAlfamart Dan Indomaret (Skripsi). Lampung (ID): Universitas Lampung.

Millah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 134-142.

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt.Kereta Api Indonesia(Persero) Stasiun Pematang Siantar. Jurnal Manajemen. Vol. 3, No. 1.

Septiana dan Oey Hannes Widjaja. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada PT. Jocelyn Anugrah Jaya. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Tarumanagara.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta,

Suprihati (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen. STIE AAS Surakarta.

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Rahmad Wijaya, Nasriah Akil, & Fauziah Fauziah. (2023). Pengaruh Pelayanan Karyawan Dan Program Maskapai Penerbangan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Sriwijaya Air Makassar. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 273–289. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.366