Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pemalang

Studi Kasus pada UPC Pegadaian Ulujami

Authors

  • Dewi Sinta Wati Universitas Pekalongan
  • Wenti Ayu Sunarjo Universitas Pekalongan
  • Rengga Kusuma Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tunas Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i5.1300

Keywords:

Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Pegadaian

Abstract

Service quality, brand image, customer satisfaction, customer loyalty, pawnshop Abstract. This study aims to examine the influence of service quality, brand image and customer satisfaction on customer loyalty at PT. Pemalang branch pawnshop (case study on UPC Ulujami. The population in this study is customers of PT. Ulujami branch pawnshop totaling 1250 people with a research sample of 95 people. Data collection was carried out by means of interviews and questionnaires.the analysis technique used in this researcher is multiple linear regression using the SPSS (Statistical Product and Service Solutions) version 22 program used to analyze the data. Based on the results of this study, it shows that (1) service quality has a significant effect on customer loyalty. (2) Brand image affects customer loyalty. (3) Customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty. (4) Service quality, brand image and customer satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, M. (2007). Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan. Bayu Media Publishing.

Arin Krisnawati, V. A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian Cabang Arjawinangun. Manajemen, 15(No. 1).

Dewi Kurniawati, S. K. (2014). Pengaruh citra merk dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(No. 1).

Dwi Apriliani, N. B. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. E-BISMA, 15.

Fandi Sam Montolalu, L. M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Manado Timur. Jurnal Lppm Bidang Ekososbudkum, 19.

Farida. (2017). Pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Kalibanteng Semarang. (Skripsi, 17).

Jitro Josni Palandi, M. M. (2022). Pengaruh kualitas jasa, kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian di Manado. Jurnal EMBA, 10(3), 565–566.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13). Erlangga.

Linriavita Asan, J. D. (2022). Pengaruh kualitas jasa, kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank BRI di Kota Manado. Jurnal EMBA, 10(3), 617.

Mahfudl, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan brand image terhadap loyalitas nasabah pada BMT Mandiri Sejahtera. (Skripsi, 123).

Maulana, M. R. (2021). Pengaruh promosi, brand image, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan GO-Ride (Studi kasus terhadap mahasiswa STEI Jakarta). (Skripsi, 156).

Nasution, M. N. (2004). Manajemen mutu terpadu. Ghalia Indonesia.

Riananda, A. L. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. (Skripsi, 2).

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Andi OFFSET.

Ulfariyah. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Jatibarang Indramayu. (Skripsi).

Yulianti, E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, brand image, promosi, kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian Cabang Ulujami. (Skripsi, 30–31).

Downloads

Published

2024-10-18

How to Cite

Dewi Sinta Wati, Wenti Ayu Sunarjo, & Rengga Kusuma Putra. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pemalang : Studi Kasus pada UPC Pegadaian Ulujami. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(5), 220–228. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i5.1300