Pengaruh Strategi Harga dan Kualitas Layanan dengan Preferensi Pembelian Pelanggan di Platform E-commerce Shopee

Authors

  • Henri Yawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akmal Ramadhan Putra Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Naufal Nurfirmansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Fadli Al-Multazim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Noor Kholis Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adi Prehanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Nuryadin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i1.585

Keywords:

Pricing strategy, Service Quality, Purchasing Preferences

Abstract

This study examines the impact of pricing strategy and service quality on customer preferences on the Shopee e-commerce platform. This study's methodology, which included a quantitative approach and primary data from a questionnaire, identified 33 Shopee users in Tasikmalaya. An analysis using SPSS confirms that the two factors mentioned above—price strategy and service quality—contribute about 40.5% to consumers' preferences for fashion products on Shopee. Even though price strategy has a significant relationship, service quality has a stronger and more positive impact on customer preferences. Implicitly, it is crucial for e-commerce businesses to improve the quality of their services while meticulously developing price phase strategy to make it more in line with customer preferences. All of this offers advantages for the e-commerce business in developing strategies to meet customer needs in an increasingly competitive market.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifiani, M. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumsi Pada Konsumen Toko Basmalah (Studi Pada Toko Basmalah Kota Pasuruan) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

ASTRIA, R. (2022). PENGARUH PROMOSI, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE SHOPEE (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).

Atsila, Riris Eka., Siti Saroh & Dadang Krisdianto 2020. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Online Consumer Review, dan Integrated Marketing Communication Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal. Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang, 9 (1), 35-42.

Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee). Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 5(1), 19-25.

Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh online customer review and rating, e-service quality dan price terhadap minat beli pada online marketplace shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang). In UMMagelang Conference Series (pp. 684-693).

Hasan, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute 1(3): 83-104

MITA, Mita; PRANATASARI, Fransisca Desiana; KRISTIA, Kristia. Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2021, 4.4: 548-557.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Rosdiana, Eva., Hadi Suharno & Umi Kulsum 2020. “Pengaruh Harga, Keanekaragaman Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee,” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang, 24 (2), 1-11.

Safrizal, A., Suharyono, Y., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studiapada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 35(2).

Saqib, K., Mahmood, A., Khan, M., & Hashmi, M. (2015). Impact of consumer inertia on purchase intention under the influence of subjective product knowledge. International Journal of u-and e-Service, Science and Technology, 8(2), 293-298.

Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 46-54.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 304-313.

Wahyuningtyas, Y. F & Dyah Ayu Widiastuti. 2015. “Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion di Facebook),”Journal Kajian Bisnis, 23(2), 112– 120.

Ramadhani, A. R., Fauzi, M. A., Abdullah, M. M., Maesaroh, S. S., & Herdiana, O. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keterlibatan Pelanggan (Survei pada Pengguna Halodoc di Indonesia). Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 65-69.

Putra, A. P. Y., Al Multazim, M. F., Hafiz, M. Z., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01).

Gika, E. N. N., Hani, R. D., Zahra, D. A. A., Kholishah, A. N., & Maesaroh, S. S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN (Studi Pada Konsumen Gojek di Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 18-28.

Sianipar, D. M., Budiman, N. K., Qorihatunnasik, A., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fitur Go-Food. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(2), 859-866.

Rahatuningtyas, R., Maesaroh, S. S., & Nuryadin, A. Analisis Pengaruh Shopping Lifestyle dan Service Convenience Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Jawa Barat. Indonesian Journal of Digital Business, 3(1).

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Henri Yawan, Akmal Ramadhan Putra Setiawan, Muhammad Naufal Nurfirmansyah, Muhammad Fadli Al-Multazim, Noor Kholis Budiman, Adi Prehanto, & Asep Nuryadin. (2023). Pengaruh Strategi Harga dan Kualitas Layanan dengan Preferensi Pembelian Pelanggan di Platform E-commerce Shopee. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 197–208. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i1.585

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.