Proyeksi Peningkatan Penjualan Motor Merk Honda Dengan Metode Least Square

Authors

  • Noorlaily Maulida Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Periyadi Periyadi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Dewi Ariefahnoor Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.824

Keywords:

Sales Projection, Least Square

Abstract

In determining sales targets, each Dealer determines sales targets only based on previous sales, without any fixed calculation method. The aim of this research is to find a calculation method that is considered closest, so that it can be used to determine sales targets for the next period. The sample studied was sales of automatic motorbikes in October, November and December for the 2022 period, using actual company sales data as a reference as a comparison. The research results show that the Least Square Method can be implemented as a fixed calculation to determine sales targets for Honda brand motorbikes, with an average MAPE value of 5.3% or an accuracy value of 94.7%.  

 

References

Dewi, Nindian Puspa dan Indah Listiowarni. 2019. Peramalan Harga Bahan Proyek Menggunakan Metode Least Square (Studi Kasus : CV. Rizky Mulya). Jurnal Teknik Informatika J-TIFA Volume 2 No, 1.

Hariri, Fajar Rohman. 2016. Metode Least Square untuk memprediksi Penjualan Sari Kedelai. Jurnal SIMETRIS Volume 7, No 2.

Hasan, Samsurijal, Elpisah, Joko Sabtohadi, Nuhawidah M, Abdullah, Fachrurazi.2022. Manajemen Keuangan. Bandung: Penerbit Widina.

Lewis, C. D. (1982). Industrial and Business Forecasting Methods. London: Butterworths.

Manurung, Bangun Unedo Putra. 2015. Implementasi Least Square Untuk Prediksi Penjualan Sepeda Motor (Studi Kasus: PT. Graha Auto Pratama). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM,) Volume 2, No 6.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka Setia Pamungkas, Danar Putra. 2016. Implementasi Metode Least Square Untuk

Prediksi Penjualan Tahu Pong. Jurnal Ilmiah NERO Volume 02, No 02

Prakoso, F. D. 2019. Prediksi Penjualan Toko Menggunakan Metode Least Square Pada Pusat Oleh-Oleh Shinta. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Pelangi, Kartika Chandra, dkk. 2023. Prediksi Produksi Menggunakan Metode Least Square. Gorontalo: CV. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Restu A, Robbhunallah dan Syahib Natarsyah. 2017. Penerapan Metode Least Square Untuk Prediksi Hasil Sadap Karet. Jurnal Ilmiah Komputer Volume 13, No. 1.

Subagyo, Pangestu. 1999 Forecasting (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: BPFE. Sudana, I Made, 2009. Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.

Walangdi, Ria Anggraini dan Irma Surya Kumala I. 2019. Prediksi Penjualan Motor Dengan Menggunakan Metode Least Square. Jurnal COSPI.

Widajanti, Erni dan Suprayitno. 2020. Implementasi Metode Least Square Untuk Memprediksi Penjualan Susu Perah (Studi Kasus pada KUD Cepogo Kabupaten Boyolali)”. Jurnal UNISRI Volume 4 No, 1.

Widodo, Joko. 2008. Ramalan Penjualan Sepeda Motor Honda pada CV Roda Mitra Lestari. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Noorlaily Maulida, Periyadi Periyadi, & Dewi Ariefahnoor. (2024). Proyeksi Peningkatan Penjualan Motor Merk Honda Dengan Metode Least Square. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 315–321. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.824

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.