Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Berulang: Produk, Harga, Promosi, Dan Layanan

Literature Review Perilaku Konsumen

Authors

  • Mawaddah Mawaddah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dewi Rahayu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Salsabila Rahmasari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Angga Dutahatmaja Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.945

Keywords:

Product Quality, Price, Promotion, Service, Repeat Purchases

Abstract

The current modern era brings various opportunities and new business opportunities. This causes more and more prospective entrepreneurs to be interested in taking advantage of existing infrastructure advances to support their business. Apart from that, it has an impact on increasing the level of competition in the industry, which can be indicated by the increasing number of competitors from similar companies that present alternative choices for consumers with different promotions and quality. In fact, each company has its own unique way of holding promotions to attract consumer attention. Therefore, entrepreneurs need to prioritize efforts to implement effective product quality, prices, promotions and services to maximize sales levels. This research is aimed at analyzing the influence of product quality, price, promotion and service on repeat purchase decisions. The approach is a qualitative approach, by collecting data through literature study from previous articles and literature. Research findings reveal that product quality, price, promotions, and service have a significant influence on repeat purchases by consumers. Satisfactory product quality and affordable prices can increase consumers' interest in repurchasing. Apart from that, attractive promotions and quality service also play an important role in influencing consumer satisfaction and encouraging repeat purchases.

References

Alamsyah, R. A. (2017). Penga ruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian ulang di toko online. Journal of Management. Diakses dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmb/article/view/5542

Denniswara, E. P. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap intensi membeli ulang produk My IDEAS. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(4), 480–488.

Hia, A. M., Ali, H., & Sumartyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan: Analisis kualitas pelayanan, inovasi produk, dan kepuasan konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(2), 368–379.

Ilat, L. V., Murni, S., & Parengkuan, T. (2018). Analisis pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian ulang pada UKM D’cendol 77 di EIC Unsrat. Jurnal EMBA, 6(4), 2548–2557.

Kurniawan, I., Santoso, S. B., & Dwiyanto, B. M. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang produk serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap pembelian ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661.

Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian ulang: Promosi, harga, dan produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 469–478.

Pradana, D. (2018). Pengaruh e-service quality dan kemudahan terhadap niat beli ulang dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi pada pengguna jasa Uber Motor di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/22669

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Jurnal VALUES, 1(3), 171–181.

Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experience terhadap keputusan pembelian ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11744

Revel Gabriel, R., & Bernarto, I. (2022). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap repurchase intention (Kasus: Chicago Popcorn di Indonesia). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), 845–856.

Sagita, F., Tanjung, A. W., Fitri, H., & Rizky Wahyudi, W. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap parfum isi ulang di Toko Galery Parfume. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 389–401.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Kedua). Ghalia Indonesia.

Tiefani, & Saputra, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang konsumen pada PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 2095–2105.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik. An.

Wahyudi, Y. H., Kristanti, D., & Nurbambang, R. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang pada Bakpia Endous Kediri. Risk: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(1), 47–67.

Widanti, F., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian ulang pada konsumen Hypermart. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 172–186.

Published

2024-06-06

How to Cite

Mawaddah Mawaddah, Dewi Rahayu, Salsabila Rahmasari, & Angga Dutahatmaja. (2024). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Berulang: Produk, Harga, Promosi, Dan Layanan: Literature Review Perilaku Konsumen. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 115–127. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.945

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.