Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah

Authors

  • Leni Afrina Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Eja Armaz Hardi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fauzan Ramli Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i3.1198

Keywords:

Strategy Management, Sharia Investment Gallery, Investment, Interest, Sharia Capital Market

Abstract

This research discusses GIS strategic management to increase students' interest in investing in the Islamic capital market. Based on the data, it can be seen that the number of investors in the GIS of UIN STS Jambi since the establishment of GIS 2016-2022, the number of investors each year is unstable and is still relatively low. However, as time goes by, some investors are no longer active in stock trading. This is due to investors' ignorance of the Islamic capital market. The results of this research are that the management strategy used is KSPM discussion, socialization, group formation, implementing the Sharia Capital Market School (SPMS) after that Sharia Capital Market Activation (APMS). The problems faced by GIS include administrators who are less active in carrying out GIS programs and activities, lack of awareness of FEBI students to see investment opportunities, difficulty in inviting FEBI students to take part in activities at GIS.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim Usman. (2015). Manajemen strategik syariah. Zikrul Hakim.

Aini, N. (2019). Pengaruh pengetahuan dan pemahaman investasi, modal minimum investasi, return, risiko, dan motivasi investasi terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05).

Ana Rokhmatussa’dyah, & Suratman. (2017). Hukum investasi dan pasar modal (4th ed.).

Andri Soemitra. (2014). Masa depan pasar modal syariah di Indonesia. Prenadamedia Group.

Bakhri, S. (2018). Minat mahasiswa dalam investasi di pasar modal. E-Jurnal Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Bella Farissa Oktary, Wira Ramashar, & Rama Gita Suci. (2021). Faktor yang memengaruhi minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal melalui galeri investasi di Pekanbaru. 1(1), 39-52.

Deni Wardani. (2018). Faktor yang memengaruhi minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 4(3), 92.

Dewi, E. M. P., & Permatasari, N. (2021). Pengantar psikodiagnostik. UPT Unhas Press.

Eja Armaz Hardi. (2020). Filantropi Islam: Zakat saham di pasar modal syariah Indonesia. Jurnal Bimas Islam, 13(1).

Faniyah, I. (2017). Investasi syariah dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Deepublish.

Ferry Khusnul Mubarok. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Jurnal (pp. 113–122).

Hadi Peristiwo. (2016). Analisis minat investor di Kota Serang terhadap investasi syariah pada pasar modal syariah. Jurnal Keuangan Ekonomi dan Bisnis Islam (July), 37.

Hasrini Sari, & Adi Pradana, M. R. (2018). Perancangan strategi pemasaran galeri investasi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi intensi investor untuk berinvestasi. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 166–167.

Herdiana, N. (2015). Manajemen strategi pemasaran. Cv Pustaka Setia.

Kasmir. (2017). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.

Kusmawati. (2011). Pengaruh motivasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal dengan pemahaman investasi dan usia sebagai variabel moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(2), 103-117.

Lucy Auditya. (2019). Peran galeri investasi syariah Bursa Efek Indonesia (GIS BEI) IAIN Bengkulu dalam meningkatkan literasi pasar modal (studi kasus masyarakat Sumur Dewa Air Sebakul). Jurnal Al-Intaj Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, 5(2).

Mardalis. (2014). Metode penelitian: Suatu pendekatan proposal. Bumi Aksara.

Muhammad Noval, Mujahid, & Noor Sari. (2020). Analisis minat mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin dalam berinvestasi di pasar modal. At-Taradhi, XI, 104–119.

Musdalifah Azis, Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Manajemen investasi fundamental, teknikal, perilaku investor dan return saham. Deepublish.

Ruslan, R. (2021). Kiat dan strategi kampanye public relations. Gafindo Persda.

Shinta Wahyu Hati, & Windy Septiani Harefa. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi di pasar modal bagi generasi milenial (studi kasus pada mahasiswa jurusan manajemen bisnis Politeknik Negeri Batam). Jurnal of Business Administration, 3(2), 284.

Subhan, & Suryansyah, A. (2019). Analisis minat mahasiswa dalam berinvestasi saham pada galeri Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Madura. Aktiva: Jurnal Akuntansi dan Investasi, 3(1), 23.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

William Hartanto. (2016). Mahasiswa investor: Buku wajib mahasiswa yang ingin belajar investasi. PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Leni Afrina, Eja Armaz Hardi, & Fauzan Ramli. (2024). Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(3), 200–216. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i3.1198

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.