Strategi Penerapan Manajemen Mutu, Pengelolaan Risiko, dan Penetapan Harga untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM Roemah Laundry

Authors

  • Rizky Zachi Afriandi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Angelina Laia Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Evelyna Faiqah Zahra niversitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Vivi Nila Sari Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2011

Keywords:

Quality Management, Risk Managemen, Pricing, Customer Satisfaction and Loyalty

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a crucial role in economic development, one of which is through the rapidly growing laundry service sector in Padang City. Roemah Laundry, as an MSME player in the laundry service sector, faces challenges in maintaining service quality and customer loyalty amidst intense competition. This study aims to examine the application of quality management, risk management, and pricing strategies implemented by Roemah Laundry to increase customer satisfaction and loyalty. The methods used include evaluating operational processes, quality control, employee training, as well as analyzing pricing strategies and risk management. The results of this study are expected to provide practical recommendations for Roemah Laundry to improve business effectiveness and serve as a reference for other MSME players in facing competition in the laundry service sector. Additionally, this study contributes to the development of MSME management science, particularly in improving service quality and sustainable business strategies.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, D. A., & Barusman, A. F. (2024). Analisis pengaruh harga, kualitas jasa, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry (Studi kasus pada Laundry Kilat Pak Edy di Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 8(3), 964–973. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2667

Fadillah, M. R. (2024). Analisis manajemen risiko pada UMKM Baso Cuanki di daerah Pusdai Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan UMKM, 2(1), 1548–1557.

Firmansyah, D., Setiawan, T., & Susetyo, D. P. (2021). Pentingnya membangun loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan dan kepercayaan: Survei tentang pelayanan dan loyalitas pada perusahaan jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 304. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829

Gaspersz, V. (2011). Total quality management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kurniawati, V., & Sanita Putra, A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada Ridho Laundry Karawang. YUME: Journal of Management, 6(2), 326–333.

Maulida, R. F., & Sari, N. R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, good corporate governance dan strategi pemasaran terhadap loyalitas nasabah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 3(1), 29–42. https://doi.org/10.46367/jps.v3i1.510

Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id

Putu, L., Udayani, R., Mahyuni, L. P., Agung, A., & Sastrawan, M. (2023). Strategi penetapan harga, diferensiasi dan diversifikasi produk dalam membangun keunggulan bersaing UMKM. JEBM Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 25(2), 396–407.

Sembiring, I., & Fordian, D. (2023). Apakah kualitas layanan pengiriman dan customer experience berpengaruh terhadap kepuasan UMKM? (Studi pada pelanggan JNE Cabang Utama Cikarang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 14(2), 29–40.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, Ahmadi, & Wulansari, F. (2023). Strategi mempertahankan loyalitas konsumen pada usaha Mr Laundry di Kota Pontianak. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1117–1132. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.880

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id

Winarti, T., & Miyono, N. (2024). Penerapan manajemen mutu terpadu (TQM): Dampak dan solusinya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 37–48.

Wisudawati, N., Pratiwi, N. E., & Teknik Industri, M. (2020). Analisis penerapan manajemen risiko berdasarkan ISO 31000:2009 (Studi kasus: Jasmini Laundry). Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(5), 34–45.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Rizky Zachi Afriandi, Angelina Laia, Evelyna Faiqah Zahra, & Vivi Nila Sari. (2025). Strategi Penerapan Manajemen Mutu, Pengelolaan Risiko, dan Penetapan Harga untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM Roemah Laundry. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 115–124. https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2011

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.