Strategi Penerapan Manajemen Mutu, Pengelolaan Risiko, dan Penetapan Harga untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM Roemah Laundry
DOI:
https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2011Keywords:
Quality Management, Risk Managemen, Pricing, Customer Satisfaction and LoyaltyAbstract
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a crucial role in economic development, one of which is through the rapidly growing laundry service sector in Padang City. Roemah Laundry, as an MSME player in the laundry service sector, faces challenges in maintaining service quality and customer loyalty amidst intense competition. This study aims to examine the application of quality management, risk management, and pricing strategies implemented by Roemah Laundry to increase customer satisfaction and loyalty. The methods used include evaluating operational processes, quality control, employee training, as well as analyzing pricing strategies and risk management. The results of this study are expected to provide practical recommendations for Roemah Laundry to improve business effectiveness and serve as a reference for other MSME players in facing competition in the laundry service sector. Additionally, this study contributes to the development of MSME management science, particularly in improving service quality and sustainable business strategies.
Downloads
References
Alfi, D. A., & Barusman, A. F. (2024). Analisis pengaruh harga, kualitas jasa, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry (Studi kasus pada Laundry Kilat Pak Edy di Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 8(3), 964–973. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2667
Fadillah, M. R. (2024). Analisis manajemen risiko pada UMKM Baso Cuanki di daerah Pusdai Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan UMKM, 2(1), 1548–1557.
Firmansyah, D., Setiawan, T., & Susetyo, D. P. (2021). Pentingnya membangun loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan dan kepercayaan: Survei tentang pelayanan dan loyalitas pada perusahaan jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 304. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829
Gaspersz, V. (2011). Total quality management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniawati, V., & Sanita Putra, A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada Ridho Laundry Karawang. YUME: Journal of Management, 6(2), 326–333.
Maulida, R. F., & Sari, N. R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, good corporate governance dan strategi pemasaran terhadap loyalitas nasabah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 3(1), 29–42. https://doi.org/10.46367/jps.v3i1.510
Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id
Putu, L., Udayani, R., Mahyuni, L. P., Agung, A., & Sastrawan, M. (2023). Strategi penetapan harga, diferensiasi dan diversifikasi produk dalam membangun keunggulan bersaing UMKM. JEBM Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 25(2), 396–407.
Sembiring, I., & Fordian, D. (2023). Apakah kualitas layanan pengiriman dan customer experience berpengaruh terhadap kepuasan UMKM? (Studi pada pelanggan JNE Cabang Utama Cikarang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 14(2), 29–40.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, Ahmadi, & Wulansari, F. (2023). Strategi mempertahankan loyalitas konsumen pada usaha Mr Laundry di Kota Pontianak. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9), 1117–1132. https://doi.org/10.55681/armada.v1i9.880
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id
Winarti, T., & Miyono, N. (2024). Penerapan manajemen mutu terpadu (TQM): Dampak dan solusinya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 37–48.
Wisudawati, N., Pratiwi, N. E., & Teknik Industri, M. (2020). Analisis penerapan manajemen risiko berdasarkan ISO 31000:2009 (Studi kasus: Jasmini Laundry). Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(5), 34–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.