Pengaruh Digital Marketing, Direct Marketing dan Brand Image terhadap Minat Mahasiswa Baru Universitas PGRI Semarang

Authors

  • Muhamad Abidin Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ika Indriasari Universitas PGRI Semarang
  • Rr. Hawik Ervina Indiworo Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2031

Keywords:

Digital Marketing, Direct Marketing, Brand Image, Student Interest

Abstract

The number of high school graduates continues to increase every year, followed by the growth in the number of universities that trigger competition in attracting new students, including Universitas PGRI Semarang. To face this competition, universities utilize digital marketing, direct marketing, and brand image as promotional strategies. This study aims to analyze the influence of these three variables on the interest of new students at Universitas PGRI Semarang. The method used is quantitative descriptive with a sample of 100 new students in the 2024/2025 academic year, using a purposive sampling technique. Data analysis includes validity, reliability, normality, multicollinearity, heteroscedasticity tests, as well as T, F, and coefficient of determination (R²) tests. The results of the study indicate that digital marketing, direct marketing, and brand image have a positive effect on student interest, with digital marketing as the most dominant factor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyani, A. A. (2023). Pengaruh persepsi kualitas produk, persepsi harga, dan digital marketing terhadap keputusan membeli produk UMKM di Kabupaten Demak melalui brand image (Skripsi, Universitas PGRI Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Anggraini, N. (2021). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat nasabah dalam penggunaan produk pada Bank Syariah Indonesia KC Malang Soekarno Hatta-Eks BRIS (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Ekonomi).

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2024). Jumlah sekolah, guru, dan murid Sekolah Menengah Atas (SMA)... [Tabel Statistik]. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/3/YTFsRmNubEhOWE5ZTUZsdWVHOHhMMFpPWm5VMFp6MDkjMyMzMzAw/

Fatkhurrohman, M. Z. (2023). Pengaruh brand image, brand awareness, dan brand loyalty terhadap brand equity yang berdampak pada purchase decision pengguna iPhone (Skripsi, Universitas PGRI Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Fatricia, S. L., & Tim Penulis. (2024). Pengaruh digital marketing, brand image, promotion dan kualitas produk terhadap minat beli produk kosmetik Make Over di Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 4(1).

Hamidah, S. A. (2022). Pengaruh literasi keuangan, digital marketing, dan brand image terhadap minat generasi Z pada bank syariah (Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Hidayat, Y. L. I., & Yoestini. (2023). Pengaruh brand image dan online customer review terhadap minat beli produk Erigo (Studi pada Generasi Z Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(2), 1. https://doi.org/ISSN2337-3792 (jika ada DOI, masukkan di sini)

Khairi, U. A. (2024). Strategi pemasaran dan posisi target sebagai kunci keberhasilan bisnis. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 9–17.

Kusuma, S. S., & Tim Penulis. (2022). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada merek Uniqlo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4). https://doi.org/e-ISSN2746-1297 (jika ada DOI, masukkan di sini)

Lestari, & Jihan. (2023). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(5).

Mahwati, S. K. (2024). Pengaruh digital marketing dalam strategi pemasaran global: A systematic literature review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 23(2), 115–125.

Mustaqfiroh, N. K. (2025a). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat menabung mahasiswa di perguruan tinggi negeri Jawa Timur di perbankan syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Ekonomi).

Mustaqfiroh, N. K. (2025b). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat menabung mahasiswa di perguruan tinggi negeri Jawa Timur di perbankan syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Ekonomi). (Catatan: referensi ini tampak duplikat, gunakan salah satu atau tambahkan klarifikasi bila berbeda)

Rahayu, T. (2024). Pengaruh digital marketing terhadap business performance dengan brand image dan accessibility sebagai variabel intervening (Skripsi, UIN Salatiga, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Saputro, C. K., & Yudilestari, E. P. (2024). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap minat pengguna STIE Dharma Agung Indonesia. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen Tri Bisnis, 6(2). https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/470/290

Sari, A. C. (2023). Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan Bank Syariah Indonesia (Skripsi, UIN Walisongo, Fakultas Ekonomi).

Sinukaban, E. B., & Dewanti, M. A. (2024). Pengaruh digital marketing dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa Prodi Manajemen pada pengguna marketplace Shopee. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(3).

Solechah, A. R. (2023). Pengaruh digital marketing, brand image, dan brand awareness terhadap minat menggunakan produk pada Bank Syariah Indonesia (Skripsi, UIN Raden Mas Said, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Umami, & Darma. (2021). Digital marketing: Engaging consumers and smart digital marketing content. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103.

Yulianto, A. (2022). Pengaruh kesesuaian harga, lifestyle, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk impor di Tokopedia (Studi pada Generasi Z di Kota Jepara) (Skripsi, Universitas PGRI Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Muhamad Abidin, Ika Indriasari, & Rr. Hawik Ervina Indiworo. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Direct Marketing dan Brand Image terhadap Minat Mahasiswa Baru Universitas PGRI Semarang. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 154–169. https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.2031

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.