Literature Review : Pengaruh Persepsi E-Commerce, Modal Usaha, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Keputusan Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.61132/rimba.v2i2.739Keywords:
Literature review, Accounting Information Systems, E-Commerce, Venture CapitalAbstract
An important component of any research or scientific article is relevant research. The thing that makes individuals less interested in entrepreneurship is because they are not yet aware of their abilities and intentions in carrying out business in realizing their dreams of becoming successful entrepreneurs. The purpose of this research is to examine how perceptions of e-commerce, business capital and the application of accounting information systems influence decision making in entrepreneurship. The findings of this literature study show that perceptions of e-commerce and the use of accounting information systems influence entrepreneurial decisions, business capital has no influence and is not significant on entrepreneurial decisions.
Downloads
References
Aditya, R., & Febriyanti, D. (2021). The effect of e-commerce on entrepreneurial decision making using an android application-based accounting information system as a moderating variable. Islamic Accounting Journal, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.18326/iaj.v1i1.12-24
Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Anggraini, P. (2017). Pengaruh Motivasi, Mental dan Modal Usaha Terhadap Mahasiswa Akuntansi untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember). Universitas Muhammadiyah Jember.
Anugrah, W. R., Rusliyawati, & Ginting, R. (2023a). BERPENGARUHKAH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS TANJUNGPURA? Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 11(1), 63–77. https://doi.org/10.21067/jrma.v11i1.8245
Anugrah, W. R., Rusliyawati, & Ginting, R. (2023b). BERPENGARUHKAH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS TANJUNGPURA? Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 11(1), 63–77. https://doi.org/10.21067/jrma.v11i1.8245
Erlinda, E., & Astuti, R. (2019). Pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha yang dimoderasi oleh pendidikan kewirausahaan (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muhammadiyah aceh). Jimma: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 9(2).
Lovita, E., & Susanty, F. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 47–54. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.437
Lubis, P. K. D., & Maha, J. M. (2021a). Pengaruh Mental Dan Modal Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Pendidikan Pendidikan Ekonomi Universitas Medan. Jurnal UNIMED, 10(1), 50–61.
Lubis, P. K. D., & Maha, J. M. (2021b). Pengaruh Mental Dan Modal Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Pendidikan Pendidikan Ekonomi Universitas Medan. Jurnal UNIMED, 10(1), 50–61.
Meifa, Y. T., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan dan Self Afficacy terhadap Minat Berwirausaha. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 43–64. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10459
Nurlaila, C., & Fitriah, H. (2021). Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Modal Usaha Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Indonesian Journal of Innovation Studies, 15, 1–13.
Nurlaila, C., & Fitriyah, H. (2021). Effect of E-Commerce, Use of Accounting Information Systems and Business Capital in Student Decision Making for Entrepreneurship. Academia Open, 5. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2594
Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017a). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261–289.
Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017b). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261–289.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan e-commerce dalam bisnis sebagai sumber keunggulan bersaing perusahaan. Pengguna. E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusah., No. c, 345–352.
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Santoso, S. (2016). Sistem transaksi e-commerce dalam perspektif KUH perdata dan hukum Islam. State Islamic Institute of Tulungagung.
Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Kewrirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, 3, 20–29.
Sirait, E., & Setyoningrum, A. A. D. (2022). Pengaruh Modal Usaha dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Kemaritiman di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(05), 87–98.
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93.
Wirdasari, D. (2009). Teknologi E-commerce dalam proses Bisnis. Jurnal Saintikom, 7(2), 324–335.
Yufa, I. H. N., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.