Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian

Studi pada Konsumen Kalula.Outfit di Jakarta Barat

Authors

  • Syiffa Azzahra Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Elizabeth Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v3i5.2276

Keywords:

Consumer, Location, Promotions, Purchasing Decisions, Service Quality

Abstract

The large number of fashion brands in Indonesia opens up opportunities for competition to create purchasing decisions. In the competitive world of fashion clothing, product quality and differentiation are the main keys in influencing consumer purchasing decisions. Kalula.Outfit must face pressure from GBS_Clothes and Maryam Outlet which offer more exclusive and innovative designs. This study aims to determine the Promotion, Location, and Service Quality Partially and Simultaneously on Purchasing Decisions of Kalula.Outfit consumers in West Jakarta. This type of research is quantitative. The technique for determining the population uses non-probability sampling. The population in this study is not known with certainty. Sampling uses the lemeshow formula. The sample used in this study was 97 respondents, with the accidental sampling questionnaire distribution method. In this study, the data were analyzed using the SPSS version 25 program and Microsoft Excel 2019. The results show that Promotion, Location, and Service Quality partially and simultaneously influence purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilyani, N., & Elizabeth, D. (2025). Pengaruh brand image, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Loaf Bun Korean Bakery di Green Lake City, Kota Tangerang). Jurnal Riset Manajemen, 15(5), 3025–9495.

Chandra, A., Santoso, B., & Rachman, D. (2020). Service quality, consumer satisfaction, dan consumer loyalty: Tinjauan teoritis. Malang: CV IRDH.

Fakhrudin, A., Lestari, S., & Rahman, M. (2022). Bauran pemasaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Edisi ke-10). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendra, O. R., & Arianto, N. (2025). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Oxsa Fashion di Pasar Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 558–566.

Kompas.id. (2025, Maret 24). Mudik dan inflasi baju baru. Kompas.id. https://www.kompas.id/artikel/mudik-dan-inflasi-baju-baru

Kontan. (2025, Januari 2). Tahun 2025: Saatnya brand lokal berevolusi di tengah dinamika pasar digital. Kontan.co.id. https://industri.kontan.co.id/news/tahun-2025-saatnya-brand-lokal-berevolusi-di-tengah-dinamika-pasar-digital

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing management (15th ed.). Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing management (16th ed.). Pearson.

Luhgiatno, R., Santoso, A., & Wahyuni, D. (2024). Perilaku konsumen. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen pemasaran jasa: Teori dan praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Meilinda, C., & Tamam, T. (2025). Pengaruh kualitas produk, lokasi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada Gerai Gendis di Kalianda. YUME: Journal of Management, 8(1), 1–8.

Noviyanti, N. K., & Rachmawan, A. (2025). Pengaruh lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Warbossmie Bojonggede Kab. Bogor. Journal of Research and Publication Innovation, 3(1), 2667–2680.

Prasetyo, T., & Saodin, S. (2025). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen D’Sas Cafe & Resto Kalianda. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1–12.

Putra, I. G. B. N. P., Maharani, I. A. D. P., & Soraya, D. (2021). Kewirausahaan. Nilacakra.

Rahmawati, A., & Kamil, M. (2025). Pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk es krim Mixue cabang Pabuaran Kabupaten Bogor. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 60–73. https://doi.org/10.55606/jimek.v5i3.8214

Rustam, T. A., & Sitanggang, M. T. (2025). Pengaruh e-WOM, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Elformula pada TikTok Shop di Kota Batam. YUME: Journal of Management, 8(1), 476–489.

Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas pasien: Tinjauan aspek pelayanan, kepuasan, trust, komitmen, brand equity, dan hospital image. Penerbit NEM.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif untuk penelitian yang bersifat eksploratif, interpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2017). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andi.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi bauran promosi (promotional mix) dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sleman: Multi Pustaka Utama.

Utama, A. C. P., Afriani, S., & Herlin, H. (2024, Desember). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Gading Cempaka Bengkulu. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 87–94.

Vianita, R., Hidayati, N., & Zamzam, N. A. N. (2025). Pengaruh inovasi produk, brand image, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada GTT Pusat Oleh-Oleh Kediri. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 132–146. https://doi.org/10.33059/jseb.v16i1.10804

Winarni, R., Akbar, T. S. W., Jaya, U. A., Raspati, G., Simanjuntak, M. P., & Fahrurrrazi, F. (2025). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pakaian merek Zara). MBA Journal: Management, Business Administration, and Accounting Journal, 2(1), 41–53.

Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen di era modern. Semarang: Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Downloads

Published

2025-10-09

How to Cite

Syiffa Azzahra, & Elizabeth Elizabeth. (2025). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian : Studi pada Konsumen Kalula.Outfit di Jakarta Barat. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(5), 313–327. https://doi.org/10.61132/maeswara.v3i5.2276

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.