Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Nur Allizah Rio Tiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i5.421

Keywords:

Family Environment, Intentions in Entrepreneurship, Entrepreneurship Motivation, Entrepreneurship Education

Abstract

The aim of this research is to analyze the influence of variables (X1) entrepreneurship education, (X2) family environment, (X3) entrepereneurial motivation on (Y) students’ entrepeneurial intentions. The type of research used is a quantitative method with descriptive analysis. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires using a Likert scale of one to five. The total sample was 134 respondents with the criteria being students who were/had studied entrepeneurship education. Entrepreneurship education. The data analysis techniques used in this research are: Outer Model with calcculations of Convergent Reliability, Discriminant Validity, Composite Realibility, Cronbach’s Alpha and Inner Model with calculations of T statistics, R-Square, f-Square, VIP and Path Coefficient using SmartPLS tools (Partial Least Square) version 4.0.9.3. The research results show that: (X1) Entrepreneurship education has positive and significant effect on students’ entrepreneurial intentions (Y). (X2) The family environment has a positive and significant effect on students’ entrepreneurial motivation has a positive and significant effect on students’ entrepreneurial intentions (Y). Recommendations for future researchers are to use other variables such as income expecctation variables and so on

 

 

References

Abdullah, D. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). DOI: https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i2.124

Agusmiati, D. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. DOI https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Agustin, M. D. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha melalui Self Efficacy pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 Universitas Negeri Surabaya. DOI: https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p298-313

Ambarriyah, S. B. (2019). Efek Efikasi Diri Pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. DOI https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35720

Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Mental Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa.

Astungkara, A. (2019). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Blegur, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha.

Daniel. (2021). MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13436

Durin, H. B. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri.

Dwi, I. L. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Pasundan Bandung.

Fahrurrozi, M. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahan Terhadap Minat Berwirausaha dan Motivasi Berwirausaha.

Fajriyah, T. W. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan, dan Sikap Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha. DOI: https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i3.732

Fathiyannida, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif dan Alumni Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak.

Hapsari, T. P. (2018). Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda.

Hasmidyani, D. (2022). GENERASI Z DAN KEWIRAUSAHAAN: MENGUKUR INTENSI BERWIRAUSAHA BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR.

Herman, H. (2017). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan yang Dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Terhadap Minat Berwirausaha Di Kota Batam.

Hidayah, F. P. (2021). PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA.

Liadi, F. N. (2019). Pengaruh Dukungan Pendidikan, Sikap Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan Pada Mahasiswa Semester Satu.

Livandy, G. (2022). PERAN PASSION WIRAUSAHA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENUMBUHKAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN.

Omardi, O. B. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Lingkungan Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Di STKIP PGRI Tulungagung (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2019-2020).

Prawoto, E. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN SIKAP BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo) .

Purbawijaya, F. (2021). PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA.

Rimadani, F. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Business Center Dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa.

Sienatra, K. B. (2020). Peran Dukungan Lingkungan Universitas Dan Relasi Dalam Intensi Berwirausaha.

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar.

SUPRIYANTO. (2017). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa S1 Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Bandar Lampung).

Suratno. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS JAMBI.

Wahyuningsih, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang.

Wardani, V. K. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, ATTITUDE TOWARDS ENTREPRENEURSHIP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY.

Wicaksono, B. H. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Pgri 1 Jakarta.

Yuritanto. (2021). Pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjung Angkatan Tahun 2020-2021 (Studi Kelas Pagi 1 dan Pagi 2).

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Nur Allizah Rio Tiyanti, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(5), 381–400. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i5.421

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.