Strategi Sukses untuk Bisnis Pengetikan dan Fotokopi di Era Digital

Authors

  • Misnawati Misnawati Universitas Palangka Raya
  • Nirena Ade Christy Universitas Palangka Raya
  • Isman Isman Universitas Merdeka Malang
  • Anwarsani Anwarsani SLBN-1 Palangka Raya
  • Yesni Nopy Universitas Palangka Raya
  • Nabila Salwa SMK Karsa Mulya Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.817

Keywords:

success strategy, business, photocopying, digital era

Abstract

This article explores the store labeled "Komputer dan Fotokopi Salwa" as the main object of study. Focusing on market surveys, typing and photocopying industry trends, online marketing strategies, and key success factors in the typing and photocopying business, this research aims to provide in-depth insights into the dynamics of business in the current digital era. Through data analysis including market surveys that record that 70.2% of jobs require computer devices and similar ones, and 39.9% require document duplication and/or binding, this article presents a comprehensive understanding of market needs and preferences. Additionally, with the majority of respondents (79.8%) having access to computers and laptops, but only a small percentage owning a printer (28.7%), this article highlights the challenges and opportunities faced by the typing and photocopying industry. This analysis provides a foundation for effective online marketing strategies and identifies key success factors that can help businesses like "Komputer dan Fotokopi Salwa" to grow and maintain their position in the current competitive market.

References

Darsiti, D., Ramdan, I. S., Syafitri, N., Lestari, W. A., Suryaman, W. J., & Alamsyah, S. K. (2024). Analisis Kelayakan Bisnis Untuk Pengembangan Pemasaran Kacang Sangrai Ewooww Yang Luas. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 113-125.

Endang, I. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Melalui Toko Online Pada UMKM di Kelurahan Tanjungsari. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 106-117.

Hanif, A., & Iryanti, E. (2023). Penguatan Merek dan Visualisasi Produk Berbasis Digital Pada UMKM “Doyan Jajan” Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 84-97.

Kalyaveda, M., & Arviani, H. Pemasaran Produk UMKM Misscrip Melalui Penerapan Digital Marketing Oleh Damartrends Marketing of Misscrip MSME Products through the Implementation of Digital Marketing by Damartrends.

Ilmi, S. N., Hadi, A. H. N. S., Muzakki, F. D. P., Khabibah, M., Fajari, M. S., Sugiharto, V. D. D., & Arum, D. P. (2023). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Digitalisasi Marketing Di Kelurahan Tanggung Kota Blitar. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 76-83.

Misnawati, M., Aziz, A., Anwarsani, A., Rahmawati, S., Poerwadi, P., Christy, N. A., ... & Veniaty, S. (2022). Pemberdayaan Kewirausahaan untuk Anak Tunarungu Dengan Pembuatan Selai Nanas. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), 2823-2842.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Cuesdeyeni, P., Wiyanto, M. S., Christy, N. A., Veniaty, S., ... & Rahmawati, S. (2022). Percepatan Produksi Karya Sastra Mahasiswa Program Permata Merdeka dengan Memanfaatan Voice Typing. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(1), 103-116.

Misnawati, M., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., Devi, K., Melinda, M., ... & Salwa, N. (2023). Pantun Nasihat Pada Label Kemasan Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Donat dengan Bahan Dasar Labu Kuning untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLBN 1 Palangka Raya. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 58-75.

Pangestu, A. I. A., Zabaril, F. M., Laksono, D. A., Safitri, D. N., Amalia, J., Mustika, A. M., ... & Najmudin, N. (2023). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pengembangan Desa Wisata Menari Tambaknegara. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 09-18.

Putri, L. A., & Rahmi, U. (2024). Pemanfaatan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI pada Generasi Milenial. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 27-31.

Qisthiano, M. R., & Pramana, D. (2023). Menggapai Keunggulan Promosi di Era Digital: Kolaborasi Canva untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 243-249.

Rahayu, E., Yuliamir, H., & Wenefrida, A. A. (2023). Pelatihan Sdm Dalam Peningkatan Perekonomian Dusun Ngaduman. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 30-33.

Samtono, S., Supriyadi, A., Rahayu, E., & Palupiningyas, D. (2023). Identifikasi Dan Strategi Pemberdayaan SDM Dusun Ngaduman. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 01-05.

Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media Sosial Tiktok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74-83.

Setyawan, a. (2023). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada fotocopy gita jaya depok. Knowledge: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(4), 377-382.

Sevina, F. B., & Pabulo, A. M. A. (2023). Upaya Digitalisasi Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kecamatan Juwana. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 251-257.

Sofyan, M., Marlinda, C., & Satriadi, S. (2023). Training of Trainer Pengolahan dan Analisis Data dengan Aplikasi Eviews dan JASP. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 17-24.

Solihiyah, E. D. Z., & Tondang, I. S. (2023). Penerapan Digital Branding Melalui Pendekatan Penyuluhan, Pelatihan, dan Pendampingan Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Medokan Semampir. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 156-163.

Sudipa, I. G. I., Widiartha, K. K., Wiguna, I. K. A. G., Wijaya, B. K., Gustiadi, G., & Fauzi, A. S. (2023). Pelatihan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Manajemen Pelanggan untuk Optimalisasi Layanan pada Era Digital. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 216-223.

Wigunadika, I. W. S. (2021). Menumbuhkan Minat Generasi Muda Menjadi Wirausaha. Nilacakra.

Yuniarti, Y., & Mauliana, S. (2012). Strategi pemasaran produk digital printing pada CV. fnb digital Jambi. Digest Marketing, 1(1).

Wiyandari, R. E. P., & Sukiswo, H. W. (2023). Penerapan Akuntansi Keuangan Digital Bagi Pelaku UMKM Di Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 61-68.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Misnawati Misnawati, Nirena Ade Christy, Isman Isman, Anwarsani Anwarsani, Yesni Nopy, & Nabila Salwa. (2024). Strategi Sukses untuk Bisnis Pengetikan dan Fotokopi di Era Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 302–314. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.817

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.