Penerapan Kepemimpinan Otentik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Penumpang Pada Po. Haryanto Divisi Madura

Authors

  • Muhammad Rizki Adilla Fatah Universitas Trunojoyo Madura
  • Kania Fitri Alyaa Nugraha Universitas Trunojoyo Madura
  • Febri Dwi Prakoso Universitas Trunojoyo Madura
  • Firnanda Noeria Rizkiana Universitas Trunojoyo Madura
  • Mochammad Isa Anshori Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i3.878

Keywords:

authentic leadership, organizational behavior, service quality

Abstract

Constantly changing business dynamics and changing customer preferences require company management to adapt. Customers who now have higher levels of wealth not only want efficient transportation, but also value comfort during travel. This means they need a comfortable vehicle, friendly service and a pleasant atmosphere to enjoy their trip. Therefore, companies must provide first-class service and satisfy their customers by highlighting added value compared to their competitors. The aim of the article is to analyze the application of authentic leadership in improving the quality of passenger service at PO. Haryanto Madura Division. The researcher used descriptive observational research methods. The descriptive research method is an Approach that aims to create an objective picture or description of a situation.

.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Autentik Terhadap Kinerja Guru SMP Man Ana Kecamatan Pamijahan Bogor. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba JournalVolume 3 Nomor 2 199-205 P-ISSN 2656-274x E-ISSN 2656-4691.

Afandi, A., Wicaksono, B., & Satwika, P. A. (2022). Peran Kepemimpinan Autentik dan Person-Job Fit terhadap Turnover Intention pada Karyawan Generasi Z. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2022, Vol. 13, No. 3, p-ISSN: 2087-1708; e-ISSN: 2597-9035, 282-293.

Alia, Maudina, Putri Meliana Santoso, Isa Anshori, dan Universitas Trunojoyo Madura. 2023. “Kepemimpinan yang Melayani Menghadapi Tantangan dan Manfaat dalam Era Bisnis yang Berkembang.” Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen 1(3):224–37.

Andrianto, F., & Ratnaningsih, I. Z. (2020). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Autentik Dengan Keterkaitan Kerja Pada Perawat Rumah Sakit “X” Semarang. Empati, 7(2), 640–646.

Anisa, S. N. (2020). Kepemimpinan Autentik dan Keterikatan Kerja Pada Karyawan Millennial. Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi UMBY.

Anshori, M. I. (2023). KEPEMIMPINAN OTENTIK: JALUR MENUJU KESUKSESAN ORGANISASI YANG. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 125-136.

BKPPKutim. (2023). Po. Haryanto Divisi Madura. Dipetik April 15, 2023, dari Profil Bisnis: Informasi Kontak, Ulasan Pelanggan, Peringkat & Akreditasi, Keluhan Pelanggan, Detail Bisnis: https://bkppkutim.com/po-haryanto-divisi-madura-4284226797517196964/#google_vignette

Boimau, Hezron, dan Juita L. D. Bessie. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike.” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs) 14(2):169–87. doi: 10.35508/jom.v14i2.4014.

Fadhilah, G. A., Komariah, A., & Herawan, E. (2018). Kepemimpinan Autentik Dan Kualitas Kehidupan Kerja Dalam Disiplin Kerja Pegawai. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 169–179.

Ihsan, R. M. (2021). Pengaruh penerapan gaya kepemimpinan otentik, motivasi kerja, disiplin kerja, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2).

Ilim, Nafisatul, A. Khairul Wahyudi, Fadlan Kurniadi, Siti Hairunnisa, M. Isa Anshori, Universitas Trunojoyo Madura, Alamat Jl, Raya Telang, Perumahan Telang Indah, Kec Kamal, dan Kabupaten Bangkalan. 2024. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Pelatihan, dan Motivasi Kerja Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan.” 2(1).

Inna Nisawati Mardiani, dan Yon Darwis Sepdiana. 2021. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan.” MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan 1(1):1–10. doi: 10.37366/master.v1i1.23.

Juhaeni, S. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN AUTENTIK DAN BUDAYAORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAN 1INDRAMAYU. Edum Journal, Vol 6, No 1, P-ISSN: 2620-4363 & E-ISSN: 2622-1098.

Jumawana, Primadi Candra S. 2022. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara. Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, Volume 19 Number 2.

Levyda, Levyda. 2021. Kualitas Pelayanan Kereta Api dengan Pendekatan Pengalaman

Penumpang dan Dampaknya pada Kepercayaan Penumpang. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) Vol. 08 No. 03, https://journal.itltrisakti.ac.id/index.php/jmtranslog

Mar’ati, Nafisa Choirul. 2022. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI SURABAYA).” Unesa (8):14–20. doi: 10.56304/s0040363622080021.

Nursalim, M. Fahri, Agustin Pratiwi, Sanida Nisa Farasi, dan Mochammad Isa Ansori. 2023. “Kepemimpinan Pendekatan Sifat Dalam Organisasi.” Journal of Management and Social Sciences (JMSC) 1(3):86–108.

Putri, R. D. Z., Yulianti, S., & Anshori, M. I. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan; Literature Review. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(2), 298-310. e-ISSN :2985-7732, p-ISSN :2985-6329, Hal 298-310 DOI: https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1761

Ranteallo, Niken Herawati; Asrah Tandirerung. 2020. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT JMS JAKARTA.” INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA 01(1):1–14. doi: 10.56338/jsm.v8i1.1429.

Ririn Risda P, Unggul Kustiawan. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Autentik Dan Kepercayaan Kepemimpinan Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (OCB) dan Kinerja Karyawan. Universitas Esa Unggul.

Safitri, A. B., Putri, A. K., Al Farizi, F., & Isa, M. (2023). Aunthentic Leadership. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, 1(3), 102-122.

Sudjono, E., & Nugraha, R. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Dengan Kualitas Pelayanan Kepala Sekolah. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi,1(1).

Suhartini, T. (2020). Implementasi Kepemimpinan Otentik dan Person-Organisation Fit serta Hubungannya dengan Kontrak Psikologis dan Komitmen Organisasional Islami. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. X No. 2, ISSN 2089-3566 (Print), 2503-1872 (Online) , 132-149.

Wahyu Gunawan Putra, Andreas, Deasy Aseanty, dan Cut Anzani Syahputri Arif. 2022. “Dampak Leadership Style untuk Perilaku Innovative di Sektor Jasa Transportasi, Jakarta.” Formosa Journal of Science and Technology 1(3):127–42. doi: 10.55927/fjst.v1i3.850.Alia, M., Santoso, P. M., Anshori, I., & Madura, U. T. (2023). Kepemimpinan yang Melayani Menghadapi Tantangan dan Manfaat dalam Era Bisnis yang Berkembang. Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen, 1(3), 224–237. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.801

Boimau, H., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 169–187. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4014

Ilim, N., Wahyudi, A. K., Kurniadi, F., Hairunnisa, S., Anshori, M. I., Madura, U. T., Jl, A., Telang, R., Indah, P. T., Kamal, K., & Bangkalan, K. (2024). Pengaruh Pengalaman Kerja, Pelatihan, dan Motivasi Kerja Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. 2(1).

Inna Nisawati Mardiani, & Yon Darwis Sepdiana. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.23

Mar’ati, N. C. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI SURABAYA). Unesa, 8, 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021

Ranteallo, N. H. A. T. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT JMS JAKARTA. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 01(1), 1–14. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1429

Wahyu Gunawan Putra, A., Aseanty, D., & Arif, C. A. S. (2022). Dampak Leadership Style untuk Perilaku Innovative di Sektor Jasa Transportasi, Jakarta. Formosa Journal of Science and Technology, 1(3), 127–142. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i3.850

Wahyuni, N., Katili, P. B., & Husain, B. (2018). Importance Perfomance Analysis pada Jasa Transportasi (Studi Kasus PT. X). Seminar Nasional IENACO, 346–351. 2337-4349

Zahroh, F., & Aluf, wilda al. (2023). Kepemimpinan Otentik : Jalur Menuju Kesuksesan Organisasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(3), 125–136.

Walumbwa, F., Avolio, B., Gardener, W., Werbsung, T., & Peterson, S. (2018). Kepemimpinan Otentik: Development and Validation of a Theory Based Measure. Vol. 34. No 1. Hal 89-126.

Winbaktianur, & Sutono. (2019). Kepemimpinan Otentik Dalam Organisasi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 10(1), 71–78. https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i1.830

Wulandari, R. A. S. (2019, October). Kepemimpinan Otentik: Telaah Konsepsual dan Isu Metodologis. In Proceeding of International Conference Sustainable Competitive Advantage (Vol. 9, No. 1).

Zahroh, F., & Aluf, wilda al. (2023). Kepemimpinan Otentik : Jalur Menuju Kesuksesan Organisasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(3), 125–136.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Muhammad Rizki Adilla Fatah, Kania Fitri Alyaa Nugraha, Febri Dwi Prakoso, Firnanda Noeria Rizkiana, & Mochammad Isa Anshori. (2024). Penerapan Kepemimpinan Otentik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Penumpang Pada Po. Haryanto Divisi Madura. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 36–48. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i3.878

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.