Pengaruh Brand Trust Dan Persepsi Harga Terhadap Brand Loyalty Scarlett Whitening
DOI:
https://doi.org/10.61132/manuhara.v1i4.220Keywords:
Brand Trust, Price Perception, Brand LoyaltyAbstract
The purpose of this study was to examine the effect of brand trust and price perception on brand loyalty for Scarlett Whitening skin care products both partially and simultaneously. The survey method with a quantitative approach was used in this study by collecting data through a questionnaire. The population of this study amounted to 304 students with a sample of 77 students identified using simple random sampling technique with probability sampling approach. The results of hypothesis analysis testing using the help of SPSS 25 software show the results of the F test that brand trust and price perceptions simultaneously have a significant effect on brand loyalty. In addition, based on the results of the T test, it shows that brand trust and price perceptions partially affect brand loyalty.
Downloads
References
A., Nurul Fatmawati dan Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1-20.
Adiwidjaja, Adrian Junio dan Zeplin Jiwa Husada Tarigan. 2017. Pengaruh Persepsi Harga
dan Brand trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora, 5(3), 1-9.
Amalia, Lia. 2013. Analisis Hubungan Kepuasan dengan Loyalitas Konsumen terhadap Sepeda Motor Yamaha Vixion pada Bengkel Abadi Motor Kebon Jeruk Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi, 4(2), 65-77.
Andriani, Meta dan Frisca Dwi Bunga. 2017. Faktor Pembentuk Brand Loyalty: Peran self Concept Connection, Brand Love, Brand Trust, dan Persepsi Harga (Telaah Pada Merek H&M Di Kota DKI Jakarta). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(2), 157-168.
Ang, christopher dan Keni. 2021. Prediksi Brand Experience dan Persepsi Harga Terhadap Brand Loyalty: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 8(1), 42-51.
Angelia, Diva. 2021. Tren Produk Kecantikan di Indonesia Tahun 2021. GoodNews:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/12/28/mengintip-tren-produk- kecantikan-di-indonesia-tahun-2021, diakses 08 April 2022.
Annisawati, Asaretkha dan Anastasya Situmeang. 2022. Pengaruh Harga dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Teh Celup Walini Pt Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Bandung. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 12(1), 1-17.
Bambang, Abas dan Meyzi Heriyanto. 2017. Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada DEaler PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). JOM FISIP, 4(2), 1-11.
Bastian, Danny Alexander. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Persepsi Harga) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-9.
Cantik2u. 2022. Harga Katalog Produk The Body Shop Indonesia Terbaru 2022. Cantik2u: https://www.cantik2u.com/harga-produk-the-body-shop/, diakses 08 April 2022.
Charles dan Yenny Lego. 2022. Pengaruh Pengalaman Merek, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Merek H&M. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3), 759-766.
Christyawan, Harry dan I Made Sukresna. 2020. Peningkatan Brand Satisfaction dan Brand Trust Berbasis Brand Value Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Apple Iphone Di Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 19(2), 75-91.
Dewi, Mariana Puspa. 2020. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 16(2), 167-190.
Efendy, Pricillia dan Yessica Audya Suryadinata. 2015. Analisa Pengaruh Persepsi Harga dan Brand trust terhadap Brand Loyalty Di Restoran D’Cost Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 613-627.
Ermawati, Lusy, Raden Andi Sularso, dan Imam Suroso. 2016. Pengaruh Persepsi Harga dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Female Bag Sophie Martin Paris di Kota Jember ( The Effect Of Persepsi Harga and Brand Trust on Brand Loyalty in Consumer Female Bag Sophie Martin Paris in the City of Jember). Artikel Ilmiah Mahasiswa 2016:
http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/74507/LUSY%20ERMAWATI. pdf?sequence=1&isAllowed=y, diakses 08 April 2022.
Farsya, Aditya Mahdi dan Wasino. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Carls Jr Gran Rubina. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara, 16(2), 41-54.
Fintechnesia. 2020. Transaksi Meningkat, Masyarakat Makin Percaya E-Commerce. Fintechnesia: https://fintechnesia.com/2020/08/06/transaksi-meningkat-masyarakat- makin-percaya-e-commerce/#, diakses 08 April 2022.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Fitriani, Aulia dan Gusti Noorlitaria Achmad. 2021. The Effect of Brand Identification and Persepsi Harga on Brand Love and Brand Loyalty on Iphone Smartphone Product Users in Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 5(2), 419-432.
Ghanbari, Mehrdad, Mehdi Yasemi, dan Ehsan Abasi. 2017. The Intermediate Role of Brand Loyalty in the Relationship between Consumer Value and Purchase Intention (Case Study: Consumers of SNOWA Household Apliances in Kermanshah City). International Review of Management and Marketing, 7(4), 116-121.
Ghozali, Imam (2013). Aplokasi Analisis Multivariete: dengan Program SPSS 23. Semarang: UNDIP PRESS.
Gita, Imi Martalia dan Mawardi. 2022. Analisis Pengaruh Harga dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Indnesia, 20(2), 35-45.
Hasugian, Jimmi Tumpal Mangisi. 2015. Pengaruh Persepsi Harga dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap Pelanggan Telkomsel di Grapari Samarinda). e-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 923-937.
Irawan, Sugoto Sulistyono, dan Parulian Tanjung, 2019. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Schneider Electric–Cikarang Plant. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 179-188.
Istiyawari, Laurene, Mohammad Rafli Hanif, Agus Nuswantoro. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan, Persepsi Harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(3), 191-201.
Kumala, Marshelly Chandra dan Widodo. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 57-66.
Ling, Tjong Su dan Anton Widio Pratomo. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. JIPKES Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31-42.
Manuaba, Ida Bagus Gde Basma. 2015. Analisis Tingkat Brand Loyalty Konsumen Sepeda Motor Merek Honda Di PT. Tri Mitra Bali Motor Semabaung Gianyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 1-13.
Mariadi, Ludfi dan Havidz Aima. 2014. Pengaruh Brand Equity, Persepsi Harga Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Pakaian Merek Old Blue Company. Jurnal MIX, 4(1), 42-56.
Scarlett Whitening Banyuwangi. 2021. Price List Harga Scarlett Whitening Terbaru. Scarlett Whitening Banyuwangi: https://msglowbanyuwangi.blogspot.com/2021/05/price-list- harga-ms-glow-terbaru.html, diakses 08 April 2022.
Mujiburrahman. 2017. Kepercayaan Nasabah Sebagai Pemediasi antara Confidence Benefit, Social Benefit, dan Special Treatment Benefit dengan Loyalitas Nasabah Asuransi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah, 1(2), 30-47.
Muharam, Wifky dan Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga, dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers Unisbank Ke-3 (Sendi_U3): https://docplayer.info/53961412-Kualitas-produk-citra-merek-persepsi-harga-dan- keputusan-pembelian-konsumen-honda-mobilio.html, diakses 08 April 2022.
Nia, Itsna Ainin dan Mudiantono. 2016. Analisis Pengaruh Kepuasan dan Brand trust terhadap Brand Loyalty Ulang Pantene (Studi pada ‘Young Famale’ Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3),1-10.
Noor, Mitha Fadilla. 2014. Pengaruh Persepsi Harga dan Brand trust terhadap Brand Loyality King Thai Tea Bandung. Image Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 127-140.
Novalina, Dini, Rose Rahmidani, dan Abel Tasman. 2018. Pengaruh Persepsi Harga dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Vaseline Hand and Body Lotion Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(2), 316-326.
Nurdiansari, Rista dan Farida Indriani. 2017. Studi Mengenai Brand Communication, Persepsi Harga, dan Brand Trust Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Diponegoro Journal of Managemen, 6(4), 1-16.
Prastiwi , Erlin Setiani dan Alimuddin Rizal Rivai. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 244-256.
Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Putra, Thomas Wilson dan Keni. 2020. Brand Experience, Perceived Value, Brand trust untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 184-193.
Rizal, Afif, Dahlan Fanani, dan Edriana Pangestuti. 2016. Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Nike di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 41(1), 57-64.
Rizan, Mohammad, Basrah Saidani, dan Yusiyana Sari. 2012. Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court Itc Cempaka Mas, Jakarta Timur. Manajemen Dewantara, 3(1), 1-17.
Sari, Putri Mulia dan Vicky F Sanjaya. 2022. Pengaruh Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Handbody Shinzui (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Business and Entrepreneurship Journal (BEJ), 3(1), 54-63.
Scarlett. 2021. Scarlett Reveal Your Beauty. Scarlett: https://scarlettwhitening.com/, diakses 08 April 2022.
Shin, Sean Kwan Soo et al. 2019. Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, 38(4), 1-17.
Silaban, Bernard E. dan Aji Darmawan. 2018. Perbandingan Elemen-Elemen Brand Equity Toko Online Bukalapak dan Tokopedia. Esensi, 21(2), 16-45.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, Wati dan Wufron Wufron. 2017. Pengaruh Persepsi Harga terhadap Brand trust Serta Implikasinya terhadap Brand Loyality (Produk Dodol PT. Herlinah Cipta Pratama). Jurnal Wacana Ekonomi, 17(1), 24-34.
Sutoyo. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen First Media Di Surabaya Timur. Jurnal Purna Iswara, 2(2), 117-123.
Tommy. 2018. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Loyalitas Merek Alat Angkat / Crane XYZ Pada PT. Abc. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2), 91-96.
Trinanda, Dicky, Endah Pri Arininsih, dan Fitri Rahmawati. 2020. Pengaruh Kemasan, Harga, dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Yakult Di Purworejo). Volatilitas, 2(5), 1-15.
Utomo, Ichsan Widi. 2017. Pengaruh Band Image, Brand Awareness, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping. Jurnal Komunikasi, 8(1), 76-84.
Utomo, Ichsan Widi. 2017. Pengaruh Persepsi Harga, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 8(1), 76-84.
Variano, Vito. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Merek Konsumen Kereta Api. Agora, 5(3), 1-7.
Yunida, Riswan, Muhammad Teguh Nuryadin, dan Monika Intan Juliyanti. 2020. Pengaruh Brand trust terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Nutrition Club Herbalife Rawasari. Jurnal INTEKNA, 20(2):53-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.