Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Galon Isi Ulang Pada Depot Air Qua di Tegal Alur Jakarta Barat

Authors

  • Wahyu Pamungkas Putro Universitas Media Nusantara Citra
  • Budi Santosa Kramadibrata Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1116

Keywords:

service, product quality, purchasing decision

Abstract

Clean water is a crucial element in the lives of humans and other creatures, ensuring the normal function of the body's organs and optimal health. In the bottled water industry, particularly in refillable bottled water, competition is becoming increasingly fierce. This study focuses on the role of service and product quality in consumer purchasing decisions at Refillable Bottled Water Depots, specifically at Depot Air Qua in Tegal Alur, West Jakarta. The research employs an associative quantitative approach with 96 respondents and questionnaires as instruments. The analysis results indicate a negative impact between service and product quality on purchasing decisions. It is essential to note that this analysis is limited to a single Refillable Bottled Water company (Depot Air Qua) without considering other variables or moderating factors that could affect purchasing decisions more comprehensively.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blackwell, R. D., Miniard, P. W., & Engel, J. F. (2006). Consumer behavior (10th ed.). Masao, OH: Thomson/South.

Boediono, M., Christian, S., & Mustikasari Immanuel, D. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(1), 90–99.

Dharmawan, E. A., & Pical, M. (2023). Perancangan vending machine untuk depot air isi ulang berbasis Arduino. Jurnal ELKO (Elektrikal dan Komputer), 4(1).

Fasyni, A., Najib, M., & ... (2020). Kepuasan dan loyalitas konsumen air minum isi ulang di kota Padang. Economac: Jurnal Ilmiah, 08(01), 37–51.

Hariyanto, Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(9), 1784–1795.

Kahfie, A. D., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada depot air Pray Gondrong Jakarta. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 2549–2560.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Manoy, T. I., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Ake Maumbi. Jurnal EMBA, 9(4), 314–323.

Marlina, L., & Hidayati, N. (2023). Peran pariwisata berbasis industri dalam pengembangan bisnis di Indonesia. Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi, 1(01), 31–40.

Prisilia, R., & Mahabbati, S. (2022). Pengaruh strategi promosi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang. Journal of Islamic Economics and Business Studies, 1(1), 40–50.

Purba, I. R. (2022). Makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas air. CV. Azka Pustaka.

Rafqi Ilhamalimy, R., & Mahaputra, M. R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(1), 85–97. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i1.604

Rahayu, K. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian di Toko Sabrina Desa Semerah Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Sakti (JIMES), 1(2), 94–108.

Saputra, A., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan air minum isi ulang Tirta Wening (studi kasus rumah tangga Desa Selopuro Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 5.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2009). Perilaku konsumen (Zulkifli Kasip, Trans.). Jakarta: PT Indeks Group Gramedia.

Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Sugiarto, F. (2019). Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian magic com Yongma YMC 114 di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1(1), e13–e13.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1st ed.). Alfabeta.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses (4th ed.).

Wulandari, P. (2019). Uji bakteri pada air minum isi ulang yang beredar di Jalan Taruma Kecamatan Medan Petisah.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Wahyu Pamungkas Putro, & Budi Santosa Kramadibrata. (2024). Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Galon Isi Ulang Pada Depot Air Qua di Tegal Alur Jakarta Barat. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 140–157. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1116

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.