Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1181Keywords:
Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, Buying InterestAbstract
This study aims to examine the influence of lifestyle and hedonic shopping motivation on the buying interest of Shopee application users in Banjarmasin City.The research method used is quantitative method. The number of samples used by 106 respondents was taken by purposive sampling. Data collection using online questionnaires. Data analysis methods use descriptive statistics, instrumental testing, multiple linear analysis and hypothesis testing. This test uses the help of SPSS 26 statistical software.The results of this study show that lifestyle variables (X1) have a significant positive influence on buying interest variables. The hedonic shopping motivation variable (X2) has a positive influence on the buying interest variable. Based on simultaneous testing, lifestyle variables (X1) and hedonic shopping motivation variables (X2) on the buying interest of shopee application users together have a significant influence.
Downloads
References
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh motivasi belanja hedonis, gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee ID. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34–52.
Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh gaya hidup dan brand awareness terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian produk Emina (Studi pada mahasiswa administrasi bisnis angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 143–161.
Cantikasari, Y., & Basiya, R. (2022). Pengaruh motivasi hedonis, materialisme, dan shopping lifestyle terhadap pembelian impulsif. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2).
Daulay, R., & Handayani, S. (2021). Pengaruh gaya hidup dan kepribadian terhadap minat belanja online melalui aplikasi Lazada. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021 (Vol. 1).
Dharmais, A. P., & Rubiyanti, R. N. (2019). Pengaruh motivasi hedonis terhadap minat untuk membeli hero dan skin pada game Mobile Legend. EProceedings of Management, 6(3).
Hadi, Y. A., Tambunan, D. B., & Sumaji, Y. M. P. (2022). Pengaruh gaya hidup terhadap minat beli produk kayu Tree-X. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 7(2), 216–226.
Katubi. (2020). Analisis gaya hidup, bintang iklan dan kepercayaan terhadap minat beli ulang pada konsumen online Shopee. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 18, 2085–2215.
Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nabila, S. D., Harnida, M., & Purboyo. (2023). Determinan minat beli konsumen produk kasur kapuk di pasar kawasan Sudimampir Kota Banjarmasin. Jurnal of Economic, Management, and Accounting, 6.
Pratama, R., & Salim, A. (2017). Pengaruh gaya hidup dan motivasi hedonis terhadap pembelian impulsif pada Starbucks Coffee. Manajemen Pemasaran, 7(1).
Razak, A., Alfisah, E., & Purboyo. (2023). Menguji pengaruh gaya hidup, motivasi dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian iPhone (Studi pada mahasiswa UNISKA MAB Banjarmasin). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1.
Rosdiana, R., Haris, A. I., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1).
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian (T. Koryati, Ed.). Penerbit KBM Indonesia.
Salsabila, S., & Wijaksana, T. I. (2024). Pengaruh motivasi hedonis terhadap pembelian barang virtual Love Nikki Dress Up Queen. EProceedings of Management, 11(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.