Peran Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima

Authors

  • Suryadin Suryadin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhamad Badar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.61132/manuhara.v1i4.193

Keywords:

Management of Human Resources, Quality of Community Services

Abstract

Jenis penelitian ini bersifat asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran manajemen pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang berisi sejumlah pertanyaan dengan pengukuran skala likert. Populasi yang digunakan adalah seluruh pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima yang berjumlah 46 orang dengan sampel sebnayak 46 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenuh yaitu seluruh populasi sampel dijadikan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa manajemen peran pengelolaan sumber daya manusia secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdiansyah, F., Effendy, K., & Supriyadi, B. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber

Daya Manusia Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di

Kabupaten Sumedang. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan

Daerah, 12(1), 79-95.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Anwar Prabu, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amhas, Muhammad. 2018. Pengaruh Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Sistem Administrasi Manugal Satu Atap (SAMSAT) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Manajemen. 3 (1).

Arifin, M. alim hidayat. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone.

Atika, K. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme

Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PlN (Persero) Pelaksana

Pembangkit Bukit Asam Tanjung Enim. Jurnal Media Wahana

Ekonomika, 17(4), 355-366.

Dahlia, Hasim, Djamil & Hamdan. (2017) manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor kecamatan Tamalete Makassar. jurnal Administrate. 4(2):69-75

Herawati, P. (2018). PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Studi Tentang Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Pemerintah Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1), 958–961. https://doi.org/10.30996/jpap.v4i1.1279

Hendri, M., & Erinos, N. R. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia,

Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Dan Penerapan

Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan

Pemerintah Daerah. Jurnal Eksplorasi AkuntansI (JEA), 2(1), 2479-

Jalalduin, Ahmad. (2013). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Peleyanan Kepegawaian Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanggerang. Ekuitas 4(3).

Kadafi, M. (2017). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Maharani, D. (2019). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v9i2.1637

Puryana, P. P. (2021). Kualitas Sumber Daya Manusia Sebagai Faktor

Pendorong Kinerja Karyawan Pada Kantor Desa Cibiuk Kabupaten

Cianjur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan

Akuntansi), (4), 430-438.

Syahrumsyah, A. (2008). Pengaruh Pengembangan Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Kantor Samsat Dinas Pendapatan Daerah Prov. Kaltim). Jurnal Administrasi Publik, 8-15. UNDIP

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Suryadin Suryadin, & Muhamad Badar. (2023). Peran Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 105–124. https://doi.org/10.61132/manuhara.v1i4.193

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.