Pengaruh Digitalisasi terhadap Penjualan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar

Authors

  • Dedi Harianto Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Ahmad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1474

Keywords:

UMKM, Digitalization, Impact of Technology

Abstract

Understanding the impact of digital technology on Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Makassar City is the aim of the research. The descriptive qualitative method used in this research is collecting data through observation, interviews and documentation. Research shows that this has a significant positive impact on the profits of UMKM in Makassar City from Digitalization. On the other hand, one of the factors that hinders UMKM actors in terms of the effectiveness of digitalization is the ability to utilize technological media as an indicator of digital economic performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040

Amalia Sari, N., & Studi Pendidikan Ekonomi, P. (n.d.). PENGARUH PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA UMKM DI KOTA MAKASSAR.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. In Iltizam Journal of Shariah Economic Research (Vol. 6, Issue 2).

Arianty Akob, R., Kausar, A., Dauda, P., Wardani Bakri Katti, S., Qur, B., Bongaya, S., & Bisnis dan Keuangan Nitro, I. (n.d.). Jurnal Sains Manajemen Nitro ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR). In Jurnal Sains Manajemen Nitro (Vol. 1, Issue 2). https://ojs.nitromks.ac.id/index.php/jsmn

Asisa, W., Aulia, P., Dalianti, N., & Handa, Y. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan dan Kemudahan Digital Payment terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. Jurnal DinamikA, 1(2).

Astuti, A., Mane, A. A., & Saleh, M. Y. (2023). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN DISTRIBUSI UMKM KOTA MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 175–180. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3788

Azis, I., Akuntansi, J., & Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, I. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN EKONOMI DIGITAL TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KULINER DI KOTA MAKASSAR.

Bachtiar, I. H., Gafur, G., Supiati, S., Bachtiar, A. D., & Hasan, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pemula UMKM Mie Basah Kelurahan Paccerakkang Kota Makassar Melalui Digitalisasi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(4), 583–589. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i4.2722

Digitalisasi, P., Meningkatkan, U., Pelaku, P., Mikro, U., Di, P., Wisata, L., Sapriyadi, K. M., Syaiful, M., & Wakiya, N. (n.d.). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 8(2), 70–88.

Ihsan Baso, M. H. (2022). Jurnal Mirai Management Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 7(2), 355–365. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411

Naninsih, N., Alam, S., Indriasari, D. P., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Makassar, A. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Digital Marketing. YUME : Journal of Management, 5(2), 479–490. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2672

Paramita, A. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Determinan Transformasi Digital UMKM di Kota Makassar.

Supriyanto, E. (2023). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah. 3(2), 82–97. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/dinamikapage82

Wijaya, H., & Nailufaroh, L. (2022). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan UMKM Kota Serang dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Moderasi. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1941–1949. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2580

Yuniar, V. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR. 6(2). https://jurnal.stie-lpi.ac.id/index.php/neraca

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Dedi Harianto, & Ahmad Ahmad. (2024). Pengaruh Digitalisasi terhadap Penjualan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1474

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.